Alasan biologis mengapa sulit bangun pagi hari

1
151
wanita,tidur,insomnia,cewek,perempuan,bangun pagi,tidur malam

wanita,tidur,insomnia,cewek,perempuan,bangun pagi,tidur malam

Apa yang menyebabkan kita sulit bangun pagi? atau apa yang menjadi Faktor kita kerap bangun siang? Mungkin itulah pertanyaan yang membuat kita dongkol sepanjang waktu. Hal yang sama seperti yang penulis rasakan, sekedar curhat, penulis saat ini sedang berjuang untuk bisa bangun pagi dan tidur lebih awal. Karena jujur, penulis saat ini kerap bangun pukul 11 siang yang tentu saja itu menurunkan performa dan kesehatan tubuh manusia.

lalu lantas apa yang membuat kita sulit bangun di pagi hari dan kerap tidur larut malam? jawabannya adalah intensitas sinar matahari, maksudnya adalah, semakin sering tubuh kita terpapar sinar matahari makan probabilitas kita untuk bangun pagi dengan kondisi bugar itu lebih besar.

Kebiasaan menunda tidur atau tidur larut malam ini umumnya dialami oleh kalangan usia remaja, sehingga para ahli menyebutnya sebagai “teenage night owl syndrome”.

Menurut Dr Mariana Figuero dari The Rensselaer Polytechnic Institute’s Lighting Research Centre, New York, apabila kita Kurang kena sinar matahari maka akan membuat kita tidur lebih larut, tidak cukup tidur dan akhirnya merasa malas (di keesokan harinya-red).”

Dr Mariana juga mengatakan kalau kurang sinar matahari akan menyebabkan performa kita menurun, sebab ia dan beberapa orang partnernya pernah melakukan uji coba terhadap dua jenis kelompok remaja yang berbeda, yang satu yang sering terpapar sinar matahari, sementara yang lain jarang terkena sinar matahari. Hasil dari test itu menunjukkan kalau remaja dengan intensitas cukup sering terkena sinar matahari menghasilkan skor tes pengujian lebih baik daripada yang tidak.

Mariana menambahkan kalau Sinar matahari pagi sangat berguna bagi keteraturan jam biologis manusia, karena sinar matahari dapat membantu tubuh melepaskan hormon melatonin yang berpengaruh pada aktivitas tidur manusia. Kekurangan sinar akan mengakibatkan hormon melatonin tidak terlepas dari tubuh yang membuat kita jadi ingin tidur terus. jadi saat seharusnya bangun pagi, tubuh seperti dipaksa untuk bangun dan hal ini akan membuat tubuh terasa letih dan capek untuk beraktivitas.

Sinar matahari pagi dipercaya memiliki sinar biru dengan panjang gelombang (lamda) berukuran pendek. sinar ini yang paling baik untuk membantu sirkulasi hormon melatonin, karena itu, “Jika seseorang melewatkan sinar itu di pagi hari maka hormon melatonin bisa terlambat dilepaskan yang akhirnya berimbas pada waktu tidur juga yang mengalami kemunduran” Ujar Dr Mariana Figueiro

Jadi…. sudah paham kan dengan faktor yang menyebabkan anda sulit tidur? mari kita perbaiki kualitas hidup kita sekarang juga dengan mengatur agar sering terpapar sinar mentari pagi. tentunya kita tak perlu keluar setiap hari, namun sangat disarankan untuk membuat model arsitektur ruangan di rumah/kantor yang memungkinkan hangatnya mentari pagi masuk dan menerangi 🙂

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.