Published On: Sat, Jun 23rd, 2012

Indonesia akan miliki jembatan terpanjang di Dunia

jembatan selat sunda Indonesia akan miliki jembatan terpanjang di Dunia

Percayakah anda kalau Indonesia akan miliki jembatan terpanjang di Dunia? dan percayakah anda kalau Jembatan terpanjang di dunia itu ada di Indonesia? sepertinya mustahil ya! ngurusing jembatan ambruk aja yang terjadi di kutai kartanegara kemarin negri ini agak sedikit keteteran, bahkan ga usah jauh-jauh, jembatan di banten yang terhempas banjir yang di ekspos media asing dengan julukan jembatan indiana jones itupun negri ini seolah lamban.

Tapi tunggu, jangan terlampau pesimistis dengan negri ini, karena ternyata benar, Jembatan terpanjang di dunia akan dibangun di Indonesia

Nama jembatan itu adalah jembatan selat sunda, jembatan yang nantinya akan menghubungkan jawa dengan sumatera dan berada diatas laut selat sunda ini diperkirakan akan memiliki panjang 29 Kilometer!

Hal itu dikonfirmasi oleh Sekretaris Departemen Pekerjaan Umum Partai Demokrat, Bahrum Daido. Bahrum mengatakan kalau Indonesia akan segera memiliki jembatan terpanjang di dunia apabila Jembatan Selat Sunda (JSS) ini benar-benar terealisasi.

Jembatan selat sunda atau JSS itu rencananya akan dibangun dalam bentuk Jembatan gantung yang ditopang dua jembatan suspensi.

jembatan selat sunda Indonesia akan miliki jembatan terpanjang di Dunia

Saat ini rekor jembatan gantung terpanjang di dunia masih dipegang italia dengan panjang jembatan hanya 5,5 Kilometer, namun rekor ini akan disusul oleh indonesia apabila JSS jadi terealisasi, karena panjang dari bentangan dalam jembatan gantung selat sunda itu akan berkisar sekitar 7,8 Kilometer dari keseluruhan panjang jembatan yang 29 kilometer itu.

Namun bagaimana dengan lebar jembatan? Bahrum mengatakan kalau studi mengenai lebar jembatan JSS itu masih belum final karena masih butuh kajian dari para ahli, namun saran yang mengemuka selama ini adalah lebar dari JSS itu akan berkisar sekitar 60 meter yang berarti dapat menampung empat jalur jalan raya dan dua jalur kereta double track ditengahnya. Sementara bagian pinggirnya akan dimanfaatkan untuk saluran pipa gas serta air minum.

Kita doakan saja proyek JSS ini benar-benar terealisasi, namun ingat, jangan dikorupsi! jangan sampai jembatan terpanjang dunia kita nantinya memakan korban karena anggarannya dikorupsi oleh tikus-tikus negri ini.

Silahkan Tinggalkan Komentar Via Media Sosial


atau Tinggalkan Komentar Langsung Via Website ini

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*