Tips untuk menghemat bensin atau hemat BBM Versi Kabarnesia

2
169
BBM,bensin,hemat BBM,hemat bensin,tips

BBM,bensin,hemat BBM,hemat bensin,tips

Bulan April lalu kita dimanja oleh gaduh-gaduh politik dan sosial tentang harga BBM yang akan naik sebesar Rp. 1500. Gaduh-gaduh itu akhirnya berakhir bahagia, karena pemerintah tak jadi menaikkan harga BBM saat itu.

Selain itu, pada awal bulan mei-juni yang lalu kita juga disuguhkan akan perdebatan mengenai pembatasan premium untuk kendaraan pribadi atau kendaraan pribadi yang tergolong mewah. perdebatan itu juga akhirnya berakhir bahagia setelah pemerintah hanya memutuskan untuk membatasi BBM untuk kendaraan dinas pemerintah saja.

Sebenarnya kalau kita lihat dua peristiwa diatas, itu menunjukkan kalau kondisi energi di negri ini sedang mengalami krisis dan butuh perbaikan, entah karena salah urus atau memang cadangan energi negri ini kian menipis hingga menyentuh level kritis dan harus bergantung pada pasokan asing.

Menilik fakta negri ini, sudah sebaiknya kita berpartisipasi meringankan beban bangsa dengan melakukan penghematan sendiri untuk menghemat bensin atau menghemat BBM. Hal yang tentu saja menguntungkan anda juga, karena bisa memangkas pengeluaran yang anda habiskan untuk membeli bensin atau BBM

Tips Hemat Bensin/BBM versi kabarnesia

Lalu bagaimana cara untuk mengemat bensin atau menghemat Bahan bakar minyak (BBM) yang tergolong sumber daya tak terbarukan ini? coba lakukan beberapa langkah sederhana dibawah ini:

1. Jangan biarkan tangki bensin/BBM kendaraan anda kosong

Mengapa? karena ternyata bensin memiliki tingkat penguapan tinggi saat terkena panas di siang hari, ini berarti semakin full tangki anda, maka semakin kecil ruang untuk penguapan itu.

2. Periksa tekanan ban, pastikan tekanannya pas!

Kondisi ban memang kurang begitu banyak berpengaruh dalam penghematan BBM, banyak yang mengatakan pengaruhnya tak sampai 1%, namun ini patut dicoba, karena bukan hanya untuk hemat bensin saja, tapi juga hemat uang karena kondisi ban anda terawat, jadi tak perlu gonta-ganti ban lagi.

3. Jangan biarkan mesin meraung yang menyebabkan RPM tinggi

Pengendara memiliki beragam gaya, ada yang efisien, ada juga yang tidak. contohnya adalah pengendara yang tidak efisien itu kurang memperhatikan raungan mesin yang menyebabkan RPM tinggi, hal ini karena ia tidak menukar gigi ketingkat yang lebih tinggi ketika kecepatan makin meningkat.

4. Mengemudi/Berkendara secara menggebu-gebu

Cara berkendara yang menggebu atau ugal-ugalan berefek besar pada makin tak hematnya bahan bakar, terutama apabila anda menggunakan bahan bakar beroktan rendah, dibawah 90 (premium). Karena itu, sabarlah, nikmati saja perjalanan anda, toh akhirnya anda akan sampai juga pada tujuan.

5. Khusus untuk pengendara mobil, nyalakanlah musik halus yang lembut dan tak memancing emosi

Terkait juga dengan poin 4, musik halus dan lembut dipercaya menenangkan pengendara dari prilaku mengendarai yang ugal-ugalan, selain itu ketika anda mendengar musik keras dan memiliki tempo beat dengan intensitas tinggi, anda akan membuat ritme memainkan pedal gas kurang teratur sehingga memboroskan bahan bakar.

6. Perhatikan kondisi rem.

Jangan sampai ada kanvas rem atau tromol rem yang menempel, yang bisa menyebabkan gesekan tak perlu pada roda dan mengakibatkan energi terkuras lebih banyak dan bensin terbuang percuma

7. Perhatikan juga pelumas atau oli

Anda sebagai pengendara harus memperhatikan kondisi pelumas, kapan harus diganti, sudah berapa kilometerkah anda menggunakan pelumas itu, jangan tunda ketika kondisi kendaraan dirasakan lebih berat dari sebelumnya. Terlambat mengganti pelumas juga berbahaya karena berakibat fatal pada kondisi mesin kendaraan anda.

8. Perhatikan kondisi busi

Selalu perhatikan kondisi kesehatan busi sebagai alat penunjang pengapian kendaraan anda, jangan sampai ia malah dipenuhi kerak yang akan menurunkan performa kendaraan anda dan memboroskan energi, umumnya busi harus diganti ketika kendaraan memasuki jarak sekitar 6000-7000 KM

9. Service dan Bersihkan elemen kalburator

Kalburator juga memainkan peran yang penting dalam penghematan BBM kendaraan anda, anda harus secara rutin menservice atau membersihkan sendiri kotoran yang dapat menyumbat saluran bensin di karburator, selain itu coba setel ketinggian pelampung kearah yang standard, dan setel juga skrup udara atau pilot air screw yang ada di karburator hingga memberikan tekanan dan kondisi yang pas dan sesuai standard untuk kendaraan anda.

Selain itu jangan lupa juga untuk membersihkan filter kalburator pada kalburator anda, apabila anda memiliki filter kalburator berjenis viscous element maka anda harus pastikan filter jenis ini diganti apabila debu yang ada sudah cukup tebal karena filter jenis ini jika dibersihkan dengan angin bertekanan tinggi maka justru akan merusak filter itu sendiri dan malah melunturkan pelumas penangkap debunya. hal yang tentu saja berpotensi merusak filter dari jenis viscous element ini.

10. Khusus pengendara mobil, anda wajib menggunakan AC (Air Conditioner) sewajarnya

Jangan berlebihan dalam menggunakan fitur otomotif yang satu ini, anda perlu menggunakan AC sewajarnya saja, jangan terlampau sering menyalakan AC. Apabila udara disekitar anda sudah cukup sejuk, maka matikanlah AC dan buka jendela kendaraan anda. Selain itu, jangan gunakan AC di tingkat kemampuannya yang paling tinggi, karena hal ini justru memperberat kinerja mesin dan menyebabkan kendaraan makin jadi boros.

Oiya ada satu hal yang kita sering lupa tentang penggunaan AC ini, yakni, untuk bisa lebih berhemat BBM atau bensin maka hindarilah menyalakan AC sesaat setelah anda menghidupkan mesin, tunggu hingga sekitar 4-5 menit, setelah perputaran mesin stabil, maka anda bisa menyalakan AC.

11. Isi bensin pada malam hari.

Untuk yang satu ini, tunggu ulasan lengkapnya di kabarnesia.com ya 😉

Oke, itu dia 11 tips untuk menghemat bensin atau menghemat BBM kendaraan anda, semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan (share) artikel tips menghemat bensin atau hemat BBM ini kepada teman-teman anda melalui media sosial, agar kita makin membudayakan hidup dengan berkendara efisien hingga bensin atau BBM bisa menjadi lebih hemat dan kantong tak lagi jebol 😀

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.