10 Mitos kesehatan populer yang mungkin pernah membuat anda salah kaprah

7049
4605
Mitos,Mitos kesehatan,Myths,Fakta,Fakta kesehatan,kesehatan

Mitos,Mitos kesehatan,Myths,Fakta,Fakta kesehatan,kesehatan

Mitos adalah informasi yang beredar dari mulut ke mulut, meskipun banyak diantaranya yang bukan merupakan fakta, tetapi banyak pihak yang mempercayainya karena kuatnya indikasi asumsi yang menyertai mitos ini.

Mungkin anda pernah mendengar nasihat jangan membaca dalam gelap karena merusak mata atau setiap bayi yang mengalami pertumbuhan gigi akan mengalami demam, atau juga kolestrol merupakan zat sangat buruk yang wajib anda hindari, benarkah itu semua? atau hanya sebatas mitos? silahkan simak artikel berikut:

1. Membaca dalam kondisi gelap dilarang

  • Mitos: Membaca dalam gelap bisa merusak mata
  • Fakta: Membaca dalam kondisi ruangan yang gelap ternyata tidak akan merusak mata anda, karena ia hanya akan membuat mata anda lelah karena kekurangan asupan cahaya.

2. Stress sebabkan rambut beruban

  • Mitos: Stress sebabkan rambut beruban dalam waktu satu malam
  • Fakta: Penelitian menunjukkan bahwa stress memang dapat menyebabkan percepatan terhadap kondisi rambut menjadi beruban, hanya saja prosesnya tidak secepat itu, karena itu membutuhkan proses yang biasanya karena aspek genetis dan butuh waktu panjang.

3. Makan sedikit akan membuat anda langsing

  • Mitos: Makan sesedikit mungkin akan membuat anda menjadi langsing
  • Fakta: Makan sesedikit mungkin memang efektif menurunkan berat badan dalam waktu singkat, hanya saja ini akan menyebabkan anda kelaparan secara psikis dan metabolisme anda melambat. Ketika anda tak mampu lagi menahan rasa lapar dan nafsu makan anda, maka berat badan akan naik lagi seperti semula, bahkan melebihi berat badan anda sebelum diet ketat itu, hal ini disebabkan tubuh anda telah mengalami pelambatan metabolisme, sehingga asupan makan tidak secepatnya dijadikan energi

4. Bagaimana cara efektif mengatasi cegukan?

  • Mitos: Minum air putih sambil menahan nafas efektif atasi cegukan
  • Fakta: Menurut penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine (1971) justru menelan satu sendok makan gula pasir lebih efektif dan lebih ilmiah dalam mengatasi cegukan, cara itupun berhasil dengan persentase lebih dari 90 persen karena berhasil menghentikan cegukan pada 19 dari 20 peserta uji coba.

5. Kedinginan akan menyebabkan flu

  • Mitos: Kedinginan bisa membuat kita rentan terkena flu
  • Fakta: Sebuah penelitian di Common Cold Research Unit, Salisbury, Inggris melibatkan beberapa relawan yang diinokulasi dengan virus penyebab flu di dekat hidung mereka. setelah itu mereka dibagi jadi dua kelompok. Kelompok pertama ditaruh diruangan yang hangat, kelompok kedua dibiarkan kedinginan dengan mandi dan berbasah kuyub ria selama sekitar setengah jam-an yang lemudian dilanjutkan menggunakan pakaian namun wajib menggunakan kaus kaki basah selama beberapa jam, intinya kelompok dua ini disiksa oleh rasa dingin. Hasil dari penelitian itu menunjukkan fakta yang mematahkan mitos kedinginan sebab utama terkena flu, karena justru kelompok hangat tak terkena flu lebih sedikit ketimbang kelompok yang kedinginan itu tadi.

6. Ngemil malam hari bikin gemuk

  • Mitos: ngemil diwaktu malam sebabkan kegemukan
  • Fakta: Makanan adalah faktor penghasil energi, energi harus dibakar untuk digunakan, atau ia akan mengendap jadi lemak dan timbukan kegemukan. Jadi sebenarnya kurang ada pengaruh signifikan jika anda rajin olahraga dan aktif beraktifitas namun sering ngemil di waktu malam.

7. Cara Obati sakit punggung adalah dengan bedrest

  • Mitos: Anda harus istirahat ditempat tidur (bedrest) ketika mengalami sakit punggung
  • Fakta: Justru terlalu lama bedrest akan memperlambat proses penyembuhan sakit punggung anda, anda harus tetap aktif dan dinamis saat mengalami sakit punggung namun tetap hati-hati dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

8. Bayi mengalami demam ketika tumbuh gigi

  • Mitos: Setiap bayi mengalami demam saat tumbuh gigi adalah normal
  • Fakta: Penelitian di kesehatan manapun belum ada yang berhasil membuktikan adanya keterkaitan antara demam dengan tumbuh gigi, dengan kata lain demam tak disebabkan oleh tumbuh gigi pada Bayi dan Bayi yang mengalami demam saat tumbuh gigi sebenarnya tak normal, karena itu orang tua wajib berkonsultasi ke dokter saat bayinya terkena demam saat tumbuh gigi.

9. Permen karet akan lengket diperut jika tertelan

  • Mitos: Permen karet akan lengket dan sulit keluar di organ pencernaan ketika tertelan
  • Fakta: Permen karet memang memiliki sifat yang lengket, alot, dan tak mudah sobek, namun itu tidak berarti saat ia masuk kedalam pencernaan manusia malah menyebabkan dia lengket dan tak mudah keluar. Faktanya permen karet akan seperti makanan pada umumnya, ia akan melewati proses pencernaan dan dapat keluar bersama sisa kotoran dari pencernaan manusia.

10. Kolestrol buruk bagi tubuh

  • Mitos: Kolestrol adalah zat yang buruk dan wajib dihindari dan tak dimiliki oleh tubuh
  • Fakta: Kolestrol sebenarnya adalah zat yang diperlukan dalam sel tubuh kita, ia membantu membangung beberapa sel tubuh dan membuat hormon-hormon penting untuk tubuh kita. Hanya saja memang ada istilah kolestrol jahat dan kolestrol baik, untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan baca artikel: Lemak jahat VS Lemak baik

Oke itulah 10 Mitos kesehatan populer yang mungkin pernah membuat anda salah kaprah, semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.