Sniper-Gegana disiagakan di pelabuhan merak-bakauheni untuk cegah kejahatan selama mudik

0
250
mudik,polisi,sniper

mudik,polisi,sniper

Dalam rangka mengantisipasi mudik lebaran atau idul fitri tahun ini, Personel kepolisian bersiaga penuh di Pelabuhan Merak, Banten untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan yang tidak diinginkan.

Untuk memaksimalkan penjagaan di titik vital yang diprediksi akan jadi lautan manusia saat mudik tiba itu, Polisi akan menempatkan beberapa sniper di sejumlah titik strategis.

“Insya Allah ada (sniper). Tidak cuma itu, pasukan jibom dan Gegana ada,” kata Karo Ops Polda Banten, AKBP Budiarto. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa akan ada sekitar 2.225 personel yang bersiaga mengamankan daerah pelabuhan merak dari tidak kejahatan yang tidak diinginkan. “Kita antisipasi berbagai kejahatanan baik dari reserse, jibom, Gegana, dan sniper” Budiarto menambah pernyataannya dengan yakin.

Menurut AKBP Budiarto, penjagaan dengan tingkat maksimal itu merupakan kegiatan rutin yang pasti dilakukan oleh kepolisian tiap tahunnya dalam Operasi Ketupat Kalimaya. Operasi yang dilaksanakan mulai tanggal 11 agustus 2012 kemarin dan akan berakhir pada 26 Agustus 2012 mendatang itu memang didekasikan sebagai bentuk pelayanan polisi kepada masyarakat.

Bagaimana dengan Bakauheni?

Jika kepolisian merak telah siaga penuh, bagaimana dengan titik lain dari penyebrangan, bakauheni?

Dilansir dari tribunnews, Polres lampung selatan yang berada di teritorial bakauheni pun berencana untuk melakukan penjagaan maksimal demi terciptanya keamanan bagi pemudik.

Menurut Kapolres Lampung Selatan, AKBP Tatar Nugroho, pihaknya bahkan telah menyiapkan pengawalan bagi angkutan bus saat mudik lebaran nanti khusus untuk jurusan Bakauheni menuju terminal raja basa dan sebaliknya. Ia menyiapkan sedikitnya dua petugas untuk melakukan pengawalan itu. “Biasanya momen mudik lebaran ini seringkali dimanfaatkan oleh para pelaku tindak kejahatan pencopetan. Mereka terkadang masuk dalam bus angkutan penumpang,” demikian alasan Tatar mengapa ia berinisiatif melakukan pengawalan terhadap angkutan penumpang.

Selain pengawalan angkutan penumpang, Tatar juga menyiapkan pengawalan terhadap pemudik sepeda motor apabila di minta. Pengawalan itu bisa dilakukan sejak Seminggu sebelum dan setelah lebaran.

Dengan adanya operasi dan meningkatnya level keamanan ini, tentu diharapkan tingkat kejahatan, terutama di kawasan merak-bakauheni saat mudik bisa ditekan sedemikian minim, bahkan kalau bisa menyentuh angka nol.

Selamat mudik bagi anda, Pembaca setia kabarnesia, semoga keselamatan dan kesehatan menyertai perjalanan anda 🙂

Advertisements

Comments

comments