LSM TS3 Laporkan Jokowi ke KPK atas Tuduhan Korupsi

0
215
jokowi,joko widodo

jokowi,joko widodo

Kamis (30/8/12) kemarin, sebuah LSM bernama TS3 (Tim Selamatkan Solo, Selamatkan Jakarta, Selamatkan Indonesia) melaporkan Wali Kota Solo Joko Widodo atau Jokowi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Mereka menuduh Jokowi telah ikut melakukan tindak pidana korupsi pengelolaan dana Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) tahun 2010 yang lalu.

Perwakilan TS3 yang juga merupakan ketua LSM ini, M. Ali Usman bersama dengan teman-temannya telah menyerahkan berkas-berkas tuduhan korupsi walikota solo itu kepada petugas KPK.

Apa yang melatari tuduhan ini? Pengacara TS3, M. Kalono menyatakan kalau peran jokowi adalah mengetahui adanya korupsi namun tidak menindaknya. “Indikasinya bahwa didalam anggaran tersebut tertuang untuk 110.000 siswa. Tapi ternyata yang terdaftar tersebut adalah data-data duplikasi. Sehingga setelah diverifikasi hanya 65.000 siswa, Sesuai dengan pasal 412 KUHP, maka beliau sebagai pejabat telah melakukan pembiaran, sudah dilapori, melakukan pembiaran” ujar kalono memaparkan indikasi keganjilan yang menafsirkan adanya tindak pidana korupsi.

Jokowi cuek hadapi tuduhan korupsi TS3 ke KPK

Meski telah dilaporkan terlibat dalam tindak pidana korupsi oleh LSM TS3, walikota solo yang juga calon gubernur DKI Jakarta malah santai dan terkesan cuek.

Kesantaian Jokowi itu tak lepas dari pengalaman dia sebelumnya, saat itu ia mengaku pernah dilaporkan ke KPK atas tuduhan korupsi pembangunan pasar tradisional. Tetapi setelah di teliti, KPK tak menemukan adanya penyimpangan apapun dalam dugaan itu.

Masih menurut pengakuan jokowi, ia menegaskan kalau selalu teliti memeriksa jika ada keganjilan dalam kebijakannya. Jokowi juga pernah meminta penjelasan Kepala Dinas pendidikan pemuda dan olahraga terkait dengan tidak tepatnya jumlah siswa penerima dana hibah yang dilaporkan LSM TS3 itu.

“Kita santai saja. Biasa menjelang atau dalam Pilkada muncul seperti itu,” ucap jokowi santai menanggapi dugaan korupsi yang memang dilaporkan oleh TS3 menjelang pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

Advertisements

Comments

comments