Supporter Malaysia: “Indonesia itu Anjing”

1
252
malaysia,ultras malaysia,Indonesia itu anjing

malaysia,ultras malaysia,Indonesia itu anjing

Hubungan Indonesia dengan Malaysia kembali tidak harmonis, kali ini bukan disebabkan oleh permasalahan perbatasan atau problem TKI, melainkan berawal dari perseteruan di ranah lapangan hijau sepak bola.

Adalah ajang AFF Suzuki cup tahun 2012 ini semua itu berawal. Pada saat itu sedang terjadi partai sengit antara tuan rumah malaysia melawan singapura. alih-alih menyemangati tim kesayangan mereka atau mencemooh dengan tidak kasar tim lawan, singapura, supporter malaysia yang hadir di stadion bukit jalil malah meneriakkan yel-yel kurang pantas yang berbunyi “Indonesia itu anjing”. yel-yel tersebut kemudian diulang berulang kali hingga terdengar saling bersahutan.

Kisah itu menjadi ramai diperbincangkan ketika ia telah memasuki ranah media sosial. Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube, terlihat dan terdengar jelas teriakan yel-yel kurang pantas itu dikumandangkan oleh supporter malaysia. bagaimana videonya? silahkan saksikkan dibawah:

Validitas Video diragukan?

Meskipun ada bukti videonya, namun ada beberapa pihak yang masih meragukan tingkat validitas dari video itu, hal ini disebabkan video bisa saja di edit dan di dubbing isi suaranya.

Salah satu yang meragukan keabsahan video ini adalah Tantowi Yahya, Politikus Golkar yang duduk di Komisi I DPR RI. “Dengan segala kekesalan terhadap Malaysia, tapi rasanya enggak mungkin fans bola Malaysia melakukan itu,” ujar tantowi sedikit terkejut.

Tantowi meragukan validitas video yang saat ini menuai beragam kecaman di berbagai jejaring sosial itu. menurut tantowi ada beberapa alasan ia meragukan validitas video itu:

  • Pertama, antara gerak bibir penonton dengan kalimat yang diucapkan terlihat tidak begitu sinkron.
  • Kedua, ekpresi para supporter yang ketika menyebutkan kata “Anjing” tidak terlihat emosi atau marah sama sekali, malah seperti senyum-senyum bangga.
  • Ketiga, kalau memang mereka mengatakan itu, Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM/Football Association of Malaysia) akan mendapatkan sanksi berat dari AFC (Asian Football Confederation).

Singapura juga mendapat perlakuan yang sama

Ternyata tidak hanya Indonesia yang diteriakkan “anjing” oleh supporter sepak bola malaysia, melainkan singapura juga diteriakkan hal yang sama, ini bukti videonya:

Tentu sangat disayangkan jika terjadi hal sangat tidak sportif ini terjadi, apalagi ini terjadi disaat piala AFF Suzuki yang seharusnya menjadi ajang beragam negara partisipan saling mempererat tali persaudaraan dan persahabatan diantara mereka.

Semoga saja masalah ini tidak semakin membesar dan tentu saja harus ada reward and punishment yang adil 🙂

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.