Mencari Keadilan, Petani Jambi akan Aksi Jalan Kaki Jambi-Jakarta

1
163
petani,jambi,menhut

petani,jambi,menhut

Jambi, kabarnesia.com – Dua puluh tiga hari berkemah di depan Kantor Kementerian Kehutanan tidak mendapat perhatian, ratusan petani dari Jambi menyusul untuk memberi dukungan dengan aksi jalan kaki sejauh 1.000 km menuju Jakarta.

Sekretaris Wilayah PRD (Partai Rakyat Demokratik) Zulham Adamy, yang kini mengadvokasi para petani Jambi tersebut mengatakan bahwa jalan kaki akan dimulai tanggal 12 Desember 2012 dari Dinas Kehutanan Provinsi Jambi.

Dalam keterangan yang diterima dari Partai Rakyat Demokratik (PRD) Jambi disebutkan bahwa para petani itu akan membawa empat agenda penting yang harus dilakukan Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono.

Empat agenda tersebut adalah menegakkan Pasal 33 UUD 1945, melaksanakan UU No. 5/1960 tentang Pokok-pokok Agraria, mengembalikan tanah rakyat (Suku Anak Dalam, Petani Mekar Jaya dan Kunangan Jaya II), serta yang terakhir petani menuntut untuk mencopot Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

”Selain merusak hutan dan ekosistem dengan melepas hutan untuk HTI, Perkebunan serta Pertambangan Asing, Zulkifli Hasan sebagai Menhut juga tidak memberi kemakmuran pada rakyat Indonesia, ini adalah pelanggaran terhadap Pasal 33 UUD 1945” tambah Zulham Adamy.

Aksi jalan kaki (long-march) ini akan melalui lebih dari 20-an kota/kabupaten, seperti Simpang Tempino, Bayung Lincir (Sumsel), Sungai Lilin (Sumsel), Betung (Sumsel), Palembang (Sumsel), Ogan Komering Ulu (Sumsel), Ogan Komering Ilir (Sumsel), Mesuji (Lampung), Tulang Bawang (Lampung), Pesawaran (Lampung), Bandar Lampung (Lampung), Kalianda (Lampung), Bakauheni (Lampung), Merak (Banten), Cilegon (Banten), Serang (Banten), Tangeran (Banten) dan Jakarta. [am]

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.