Kamu Ingin Mempertajam Pengetahuanmu Meski Tidak Kuliah? Ini Caranya!

0
117

Kamu yang sudah menjadi professional yang bekerja semenjak lulus SMA, kamu mungkin iri jika melihat temanmu yang sekarang duduk di perkuliahan, berkutat dengan tugas-tugas seolah hanya mereka yang sedang tekun belajar. Atau kamu ingin menjadi seseorang yang bisa menjawab pertanyaan banyak orang karena pengetahuan mereka luas. Kamu bisa. Meski kamu sekarang tidak memiliki kesempatan mencicipi dunia pendidikan formal. Karena teknologi modern dan inovasi baru di bidang pendidikan, pilihan untuk mendidik diri sendiri telah menjadi sangat mudah, bahkan semudah kamu update status di media sosial setiap menitnya.

Kamu hanya perlu kemauan dari dalam diri kamu. Untuk selanjutnya serahkan pada tips di bawah ini!

Ini pasti, jangan pernah lepas dari internet

Melalui internet, kamu bisa membuka laman web sebuah kampus dan menemukan silabus kampus tersebut. Dengan cara ini, kamu akan melihat apa yang secara resmi diajarkan, paling tidak minimal kamu tahu apa yang mereka bahas dalam kegiatan perkuliahan.

Kamu sebaiknya tidak merasa canggung jika berkumpul dengan teman-temanmu yang kuliah. Stay calm, tenang saja! Jika kamu banyak berkumpul dengan mereka, kamu akan tahu jenis buku apa yang direkomendasikan oleh dosen mereka. Lihat sekilas buku itu secara online, dan jika rasa keingintahuanmu memang besar, silakan keluar untuk memeriksa buku-buku tersebut di perpustakaan. Jika sudah kamu lakukan namun kamu masih tidak paham tentang penjelassan buku tersebut, kamu bisa menanyakannya pada temanmu tadi kan?

Ada banyak sumber yang tersedia di internet. Dengan pencarian yang tepat, kamu bisa mendapatkan lebih dari apa yang kamu butuhkan.

Selanjutnya, kunjungi perpustakaan atau toko buku

Sesekali, kamu perlu menghabiskan uang akhir pekanmu ke toko buku, lupakan soal kafe sebentar. Meskipun kamu merasa otakmu sudah panas karena terlalu banyak kata yang kamu lihat, kamu akan puas jika buku yang kamu pelototi tadi memang sesuai dengan apa yang ingin kamu ketahui. Jika kamu memilih perpustakaan, carilah tempat duduk yang tenang, bukan supaya kamu tertidur, agar nuansa ketenangan tersebut bisa menarikmu jauh ke dalam kenikmatan sebuah buku. Masih tidak mau mencoba?

Last but not least, kumpulkan apa yang kamu dapat ke dalam sebuah folder, blog pribadi, atau buku catatanmu.

Ingat sebuah kata bijak ini, “Ikatlah ilmu dengan mencatatnya”. Semua yang telah kamu kumpulkan, rasanya akan terbuang jika kamu tidak mengumpulkannya ke dalam satu bendel catatan. Atau jika kamu seorang yang suka menulis, tulis kembali hasil pencarianmu ke dalam blog pribadimu.

Setelah kamu menyelesaikan langkah terakhir ini, selamat! Kamu sekarang memiliki buku catatan pelajaran seperti anak kuliahan, yang boleh jadi catatnmu lebih lengkap dari milik mereka.

Kesimpulannya, selalu ada cara yang tak ada habisnya untuk mendidik diri sendiri tanpa mendaftar di perkuliahan. Pada akhirnya, itu semua tentang seberapa besar kamu memiliki kemauan untuk mencari tahu, apa yang terbaik untukmu, dan bagaimana kamu konsisten menjalankannya. Semua keputusan ada di tanganmu.

Artikel ini terinspirasi dari laman Career Addict. Artikel aslinya bisa kamu lihat di www.careeraddict.com

Advertisements

Comments

comments