Jadikan Alpukat Sebagai Teman Santai Anda, 10 Manfaat Ini Akan Anda Dapatkan Tanpa Sengaja

0
125

Apakah Anda penyuka jus alpukat? Alpukat sangat popular di lingkungan masyarakat kita sebagai buah yang penuh nutrisi dan sekaligus sumber lemak yang baik. Namun seringkali, kita meminumnya hanya sekedar karena ingin, tanpa tahu manfaat hebatnya buah ini bagi kesehatan tubuh kita. Yuk, cermati ilustrasi berikut.

  1. Buah yang identik dengan warna hijaunya ini membuat Anda semakin cerdas

Alpukat mengandung asam lemak omega 3 dan vitamin E alami, yang keduanya bagus untuk perkembangan otak. Ilustrasinya seperti ini, asam lemak omega 3 meningkatkan suplai darah ke korteks pre-frontal, yaitu bagian otak yang bertanggung jawab untuk perencanaan, pengambilan keputusan, dan berpikir kritis.

  1. Mengkonsumsi buah ini, Anda akan terbantu meminimalisir tingginya kadar kolesterol jahat

Alpukan kaya lemak baik, satu cangkir irisan alpukat menyediakan 32% lemak yang dibutuhkan tubuh. Kenapa disebut lemak baik? Lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, lemak ini menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, lemak ini juga dipercaya menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.

  1. Ingat lemak apa saja yang hanya bisa larut dalam lemak, alpukat berperan dalam hal ini

Banyak vitamin penting yang hanya bisa larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K. Mengkonsumsi alpukat akan membantu tubuh Anda menyerap vitamin-vitamin tersebut dari makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda.

  1. Untuk Anda yang mengalami gejala Athritis, alpukat bisa meringankannya

Buah ini mengandung Polyhydroxylated Fatty Alkohol (PFA), yang merupakan agen anti-inflamasi yang membantu tubuh Anda untuk mengurangi peradangan yang nantinya bisa menyebabkan penyakit Arthritis, yaitu radang sendi.

  1. Saking baiknya, alpukat ini juga peduli terhadap kesehatan mata Anda

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, yang merupakan karotenoid yang penting untuk kesehatan mata secara keseluruhan. Zat ini membantu melindungi mata Anda dari paparan gelombang cahaya yang berbahaya sekaligus mengurangi risiko penyakit mata. Awesome!

  1. Kamu tidak salah memilih alpukat, buah ini memberikanmu serat yang tinggi

Sekitar 7% berat total buah ini tersusun atas serat. Satu buah alpukat mengandung sekitar 27% serat untuk tubuh Anda. Ada tiga keuntungan jika Anda mengkonsumsi banyak serat, berat badan Anda turun, gula darah tidak melonjak, dan menjaga keseimbangan proses metabolisme tubuh.

  1. Kabar baik untuk program diet Anda

Berat badan Anda masih perlu diturunkan lagi? Beli beberapa alpukat, buah ini berisi asam lemak tak jenuh tunggal, yang berarti lemak tersebut mungkin akan disimpan sebagai energi pembakaran, tidak sebagai lemak. Anda tahu artinya? Anda tidak akan merasa lapar dalam jangka waktu tertentu setelah menghabiskan buah ini.

  1. Mengalahkan pisang, kandungan kaliumnya lebih tinggi dalam buah ini

Kalium adalah salah satu jenis mineral yang banyak orang tidak cukup mendapatkannya. Nah, alpukat akan membantu Anda. Anda bisa menemukan 14% kalium dari takaran cukup yang dibutuhkan tubuh Anda, sedangkan di dalam pisang hanya 10%.

  1. Akan sangat bermanfaat lagi jika Anda sedang hamil

Cobalah menyediakan beberapa alpukat secara teratur saat Anda mengandung. Alasannya, hanya satu cangkir alpukat mengandung hampir 25% dari ukuran folat yang harus Anda penuhi. Anda tentu tahu, folat sangat dibutuhkan untu kesehatan Anda dan bayi Anda.

  1. Nutrisi yang tiada duanya

Alpukat mengandung 20 vitamin dan mineral, termasuk seperempat vitamin C yang harus Anda penuhi setiap hari. Selain itu, alpukat mengandung B-6, yang menjaga tubuh Anda dari infeksi dan penyakit.

Well, apakah Anda masih ragu untuk menjadikan alpukat sebagai teman sehari-hari Anda?

 

Artikel ini terinspirasi dari laman Lifehack. Artikel aslinya bisa Anda lihat di www.lifehack.com

Advertisements

Comments

comments