Waktu Puasa Terlama dan Terpendek di Dunia

0
202
Waktu Puasa Terlama dan Terpendek di Dunia
Waktu ( Gambar : Google )

Waktu dalam melakasanakan puasa memiliki perbedaan di tiap-tiap belahan dunia karena letak geografis dan perputarannya terhadap matahari. Pada puasa tahun ini belahan bumi utara mengalami puasa terpanjang dengan suhu yang paling panas setidaknya 33 tahun selama sejarah bulan ramadhan tahun ini dikarenakan matahari sedang melewati Tropic of Cancer dibelahan Bumi Utara yang menyebabkan terjadinya puncak musim panas diwilayah itu dan musim dingin di wilayah Bumi bagian Selatan. Lamanya jam dalam berpuasa juga bervariasi dari negara satu dengan negara yang lain sesuai dengan lintang dan bujur.

Tahun ini muslim di negara Denmark mengalami masa puasa yang paling panjang yaitu 21 jam yang merupakan jam puasa terlama di seluruh dunia. Untuk masa puasa terpendek akan djalani oleh Muslim di Negara Argentina hanya dengan jumlah 9 Jam dan 30 menit waktu puasa.

Menurut penelitian dan pengamatan astrolog dan peta jam puasa dunia, muslim Negara Uni Emirat Arab akan berpuasa sekitar 14 jam dan 51 menit dan negara-negara yang akan mengalami jam puasa yang cukup lama diantaranya adalah Swedia, Islandia, dan Norwegia yaitu selama 20 jam.

Sementara itu untuk negara di Belgia dan Belanda akan menjalankan puasa selama 18 jam dan 30 menit kemudian di Spanyol selama 17 jam 30 menit. Sedangkan untuk lama jam puasa di Negara Inggris dan Jerman adalah 16 jam dan 30 menit. Kemudian untuk warga muslim di Negara Amerika Serikat, Italia, dan Perancis mengalami lama jam puasa sekitar 16 jam.

Warga muslim di Teluk dan Timur Tengah akan mengalami masa puasa menengah seperti Negara Mesir dengan lama 16 jam dan 40 menit, kemudian masa puasa 15 jam untuk Negara Arab Saudi, Bahrain, Tunisia, dan Palestina.

Puasa akan berlangsung selam 14 jam dan 50 menit di Negara Yaman lalu 14 jam dan 40 menit di Negara Qatar. Sementara itu di Negara Irak, Kuwait, Yordania, Suriah, Maroko, Libya, Sudan, dan Aljazair akan melangsungkan puasa sekitar 14 jam.

Negara-negara yang akan menjalani puasa dengan jam yang pendek adalah Negara Australia dengan 10 jam. Afrika Selatan dengan 10 jam 30 menit, Brasil dengan 11 jam, dan Meksiko dengan lama 13 jam dan 20 menit.

Perbedaan lama puasa yang cukup signifikan dari berbagai daerah ini menyebabkan beberapa ketimpangan apalagi untuk negara yang mengalami masa puasa terlama dan paling panas. Beberapa ulama di Timur Teangah menghimbau kepada warga muslim terutama yang tinggal di gedung pencakar langit untuk tidak berbuka puasa sebelum matahari benar-benar tenggelam. Mereka juga mengatakan kepada warga agar tidak mengandalkan suara televisi, radio ataupun masjid tetapi melihat Matahari saat benar-benar tenggelam untuk menjalankan buka puasa.

Advertisements

Comments

comments