12 Orang Tewas Diterjang Badai Erika Dominika

1
154
12 Orang Tewas Diterjang Badai Erika Dominika
Badai Erika Dominika ( Gambar : Google )

Republik Dominika dikejutkan oleh serangan Badai Tropis Erika pada Jumat (28/8) kemarin, yang menyebabkan hujan lebat disertai angina kencang hingga menewaskan sedikitnya 12 0rang. Pusat Badai Nasional AS, NHC, menyatakan bahwa badai sempat berputar-putar disekitar Karibia yang kini menuju Florida Selatan.

Roosevelt Skerrit selaku Perdana Menteri Dominika menulis di akun twitternya bahwa jumlah korban diperkirakan akan bertambah. Badai ini mengalami pergerakan yang lemah di daerah pegunungan sehingga diperkirakan akan mencapai Amerika Serikat.

Akan tetapi, terdapat kemungkinan bahwa badai ini akan melanda Miami pada akhir pekan ini dengan kekuatan 97 kph, lalu menuju wilayah utara sampai Semenanjung Florida menuju taman hiburan yang popular di Orlando.

Rick Scott selaku Gubernur Florida mengumumkan bahwa keadaan sedang darurat dan memperingatkan kepada seluruh wilayah Florida bahwa badai bisa melanda dari hari Ahad hingga pekan depan. Ia juga mengatakan bahwa banjir besar mungkin terjadi di daerah Tampa, Pantai Teluk Florida.

Scott juga mendesak warga setempat yang menetap di Florida dalam satu decade terakhir sejak peristiwa badai Wilma pada tahun 2005, dan untuk selalu mengikuti perkembangan berita soal badai ini agar bisa membuat rencana evakuasi sedini mungkin.

Josh Earnest sang Juru bicara Gedung Putih juga menyebutkan bahwa Barack Obama, Presiden AS selalu memantau dan mengawasi perkembangan terbaru dari aktivitas Badai Erika selama akhir pekan.

Badai Erika ini juga mengakibatkan penyedia pelayaran untuk menyesuaikan jadwal kedatangan dan kepergian kapal untuk menghindari serangan badai. Hujan deras di wilayah Republik Dominika dan Haiti memiliki risiko terbesar selama beberapa hari kedepan. Bencana tanah longor pun tak bisa terelakkan pada warga miskin Haiti yang tinggal di pegunungan.

“Banjir bandang dan tanah longsor yang bahaya mungkin saja terjadi,” pernyataan NHC di Miami.

Robert Tonge, Menteri Pariwisata mengunggah foto dan video di akun facebooknya yang memperlihatkan banjir yang semakin meluas di ibu kota sehingga air sungai meluap dan menyebabkan tanah longsor, ruas jalan dan jembatan menjadi hancur.

Menurut keterangan NHC, Badai Erika sudah mendekati ibu kota Republik Dominika dengan kekuatan angina sebesar 50 mph.

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.