Telah Ditemukan Jejak Panjang Kaki Dinosaurus

0
182
Telah Ditemukan Jejak Panjang Kaki Dinosaurus
Dinosaurus ( Gambar : Google )

Beberapa ilmuwan dari Jerman menemukan jejak kaki Dinosaurus di pusat tambang di Lower Saxony yang sudah lama tidak beroperasi. Jejak Dinosaurus tersebut sangat panjang, yaitu sekitar 50 meter. Jejak dengan panjang 50 meter tersebut terdiri dari 90 tapak kaki Dinosaurus yang diperkirakan memiliki bobot sekitar 30 ton. Diameter jejak dari tiap tapak kaki kira-kira 1,2 meter. Para ilmuwan yang meneliti jejak tersebut meyakini usia jejak itu sekitar 145 juta tahun.

Benjamin Englich, seorang arkeolog yang juga terlibat dalam penelitian ini mengatakan bahwa jejak prasejarah tersebut tidak hany besar tetapi juga sangat dalam. Cetkan bekas tapak kaki tersebut memiliki kedalaman sekitar 40 cm.

“Ini temuan yang tak biasa karena jejaknya panjang sekali dan kondisinya cukup bagus,” kata Englich kepada kantor berita Reuters.

Englich juga menjelaskan lagi bahwa jejak yang mirip dengan tapak gajah tersebut kemungkinan berasal dari jenis sauropod, yaitu jenis dinosaurus yang memiliki leher panjang dan berekor.

“Saat ini kami tak punya kerangka yang lengkap dari dinosaurus sauropod yang ukurannya super besar ini. Artinya, spesies sauropod adalah termasuk yang belum pernah terungkap di era sekarang,” jelasnya lagi.

Para ilmuwan berharap bahwa temuan jejak kaki itu bisa membantu mengungkap kondisi periode Creataceous yang dianggap sebagai era misterius dan juga kehidupan terakhir dari dinosaurus yang sudah punah 65 juta tahun yang lalu.

Jejak kaki terbesar sebelumnya juga pernah ditemukan di area gunung Jura, Perancis, pada tahun 2009 silam yang tercatat ukuran diameter jejak kaki tersebut hanyalah dua meter.

Advertisements

Comments

comments