Geser Lamborghini, Ini Dia Mainan Baru Miliarder Dunia

0
205
Geser Lamborghini, Ini Dia Mainan Baru Miliarder Dunia
Icon Aircraft ( Gambar : Google )

Icon Aircraft, pesawat yang super canggih ini akhirnya memulai debut penjualan pertama pesawat consumer setelah sekitar satu dekade lebih menanti selesainya penelitian dan riset. Pabrik pesawat yang berada di Vacaville California ini telah menghabiskan dana US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun untuk membuat pesawat yang khusus dipasarkan bagi masyarakat umum.

Icon Aircraft ini sudah menerima pendapatan US$ 400 juta atau sekitar Rp 5,8 triliun dari pemesanan 1.500 unit A5. Kini Icon sedang mempercepat produksinya demi memenuhi pesanan yang tak sedikit untuk jangka tiga tahun kedepan.

Minggu ini, Icon Aircraft dinobatkan oleh Inc. sebagai salah satu dari 25 perusahaan yang paling berani pada 2014, dengan menggelar demo penerbangan pesawat jenis amfibi tersebut di sepanjang sungai Hudson New York. Pilot yang dipilih sebagai penerbang Icon pada demo A5 ini adalah Kirk Hawkins, Ia adalah mantan pilot F-16 yang menjadi salah satu pendiri Icon dengan desainer Steen Strand pada tahun 2006. Begitu Hawkins menarik tuas pengendali, pesawat kecil yang berisikan dua tempat duduk tersebut melesat setinggi 1.000 kaki diatas George Washington Bridge dan terbang kearah selatan tepat diatas sungai Hudson dengan kecepatan 100 mil/jam.

“Pada intinya kami adalah perusahaan penerbangan yang sebenarnya. Penerbangan seharusnya seperti ini. Apakah Anda seorang pilot pesawat tempur atau pilot komersial bahkan pilot olahraga, jenis penerbangan inilah yang menginspirasi setiap anak untuk menjadi pilot,” ujar Hawkins.

Icon memiliki berat sekitar 1.000 pon dengan bentangan sayap sepanjang 34 kaki. A5 sendiri merupakan perpaduan antara mobil sport, pesawat terbang, dan speedboat. Panel control pada pesawat unik ini lebih menyerupai mobil dari pada pesawat konvensional. Panel tersebut mudah dibaca, dipahami, dan dikuasai oleh 40 persen pelanggan yang bahkan belum memiliki pengalaman sebagai pilot. A5 tidak membutuhkan bandara dan hebatnya lagi pesawat ini bisa dilipat sehingga bisa masuk kedalam trailer.

A5 juga memiliki keistimewaan yaitu pesawat ini adalah satu-satunya pesawat sipil yang lolos uji ketahanan putaran oleh lembaga regulator penerbangan sipil Amerika Serikat atau yang disebut FFA. Teknologi pada pesawat ini telah digunakan dan disetujui oleh NASA pada tahun 1980. Akan tetapi, tidak ada perusahaan penerbangan yang bisa memenuhi standar FAA seperti pesawat Icon A5 ini.

Yang tidak kalah penting adalah teknologi yang membuat pesawat ini lebih mudah dan lebih aman untuk dikemudikan adalah pengukur Angle of Attack yang akan memberitahu pengemudi jika pesawat kehilangan daya angkat. Hal ini juga merupakan instrument yang pertama dari jenisnya dalam industri penerbangan.

Icon Aircraft ini tentunya akan menjadi mainan baru yang super mahal bagi para miliarder dunia yang sudah mulai bosan dengan supercar.

Advertisements

Comments

comments