5 Pulau Unik di Indonesia versi Kabarnesia

0
247
pulau unik, pesona Indonesia, pulau samosir

Indonesia yang terkenal akan kekayaan pulaunya ini ternyata memiliki bentuk pulau bermacam-macam. Bahkan ada diantara pulau di Indonesia ini termasuk ke dalam pulau terkecil di dunia. Pulau apa sajakah itu? Berikut 5 pulau unik yang ada di Indonesia.

  1. Pulau Maratua

maratua1

Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia. Pulau ini terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau Maratua ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Pulau kecil dengan bentuk panjang dan lengkung tajam ini berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan dengan koordinat 2° 15?12? LU, 118° 38?41? BT (di bagian batas luarnya). Di pulau ini terdapat Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban. Keunikan dari pulau ini adalah bentuknya yang menyerupai pisau.

   2. Pulau Samosir

Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba, Sumatra Utara. Pulau ini disebut unik karena letaknya berada di tengah-tengah Danau Toba. Pulau Samosir diyakini sebagai pulau terbesar yang terdapat dalam sebuah danu. Luas pulau samosir ini sebear 630km dimana luas ini hampir sebesar luas asli negara Singapura yaitu 714 km2. 630 km2. Pulau Samosir terbentuk karena letusan gunung berapi yang terjadi sekitar 30.000 tahun dan danau Toba sendiri terjadi 75.000 tahun lalu yang juga disebabkan oleh letusan gunung api.

3. Pulau Simping

Pulau Simping adalah pulau yang terletak di teluk Mak Jantu, tepatnya di kawasan Pantai Sinka Island, Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia. Pulau ini diklaim sebagai pulau terkecil, tak hanya di Indonesia, tetapi di dunia dan telah diakui dan tercatat di PBB. Pulau ini sebelumnya disebut dengan nama Pulau Tanjung Dua yang hanya memiliki ukuran kurang dari 1 hektar.

4. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil di Sungai Musi. Pulau ini terletak sekitar 6 km dari Jemabatan Ampera. Daya tarik Kemaro adalah bangunan pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah-tengah pulau. Adapun legenda pulau Kemaro sama seperti legenda Romeo Juliet atau Sam Pek Eng Tay.

5. Pulau Lumba-Lumba

Pulau yang bentuknya seperti lumba – lumba yang sangat indah ini berada di sekitaran Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Dari ketinggian, pulau tak bernama ini tampak jelas berbentuk seperti lumba-lumba. Menakjubkan, bukan?

Itulah 5 pulau di Indonesia yang unik. Keunikannya tidak hanya berasal dari bentuknya, namun juga legenda dan ukurannya. Tidak perlu ke luar negri untuk mengunjungi pulau-pulau unik. Indonesia pun kaya akan pulau-pulaunya.

Advertisements

Comments

comments