Ingin Nikmati Sensasi Seperti di Pantai Pribadi? Cobalah ke Pantai Ngedan, Pantai Perawan nan Rupawan

4
227
pantai ngedan, yogyakarta, gunung kidul

Pantai Ngedan atau yang sering disebut Pantai Ngeden terletak di Padukuhan Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, atau lebih tepatnya berada di sebelah timurnya pantai Gesing. Awal mula pantai ini bernama Ngedan, namun agar wisatawan lebih mudah dalam mengucapkannya, maka diganti dengan Ngeden. Pantai Ngedan ini terbilang pantai yang masih “perawan” karena baru resmi dibuka pada awal Febuari 2015. Dari kawasan pantai ini, Anda dapat mengunjungi tiga pantai sekaligus, yaitu Pantai Ngedan sebagai pantai utama, Pantai Jugala, dan Pantai Ngelimun.

Rute Menuju Pantai Ngedan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah tidak adanya kendaraan umum untuk menuju lokasi pantai ini, sehingga Anda diharuskan membawa kendaraan pribadi untuk menuju Pantai Ngedan. Perjalanan yang Anda tempuh ke Pantai Ngedan akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Terdapat dua rute yang dapatAnda lewati, yang pertama lewat Patuk dan yang kedua lewat Selopamioro, Imogiri.
Rute lewat Patuk dapat Anda mulai dari Jogja dengan mengambil jalan menuju Jalan Wonosari, ikuti jalan Wonosari melewati Bukit Bintang, Hutan Bunder dan saat sampai di pertigaan lapangan terbang gading, ambil arah ke Paliyan atau Pantai Ngobaran. Ikuti jalan tersebut melewati Paliyan, Suaka Marga Satwa Paliyan, hingga sampai di jalan besar Gunungkidul-Imogiri. Ambil ke arah barat hingga Anda menemukan jalan baru (seperti jembatan) yang sebelah kanannya berupa Makam Jeda. Setelah melewati makam Anda akan melewati pertigaan masjid Nurul Huda, belok ke kiri memasuki pertigaan, ikuti jalan tersebut sampai mentok di pertigaan tugu. Ambil kiri dan ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan Anda ke Pantai Ngedan.
Rute kedua melewati Selopamioro, Imogiri. Dari Jogja ambil jalan menuju ringroad terminal Giwangan lalu menuju jalan Imogiri Timu. Anda cukup ikuti jalan Imogiri timur sampai pertigaan pasar Imogiri. Setelah itu ambil kanan dan ikuti petunjuk jalan menuju kawasan Selopamioro. Dari Selopamioro jalan mulai berkelok naik. Anda tidak perlu khawatir, ikuti saja jalannya hingga melewati hutan jati dan akan sampai di pertigaan Mesjid Nurul Huda, ambil kanan lalu ikuti jalan sampai mentok di pertigaan tugu. Kemudian Anda belok kiri lalu ikuti petunjuk yang membawa Anda menuju Pantai Ngedan.

Pesona Pantai Ngedan Bagai di Pantai Pribadi

pantaingedan_kabarnesia
Meskipun baru dibuka, fasilitas yang terdapat di Pantai Ngedan ini lumayan memenuhi kebutuhan wisatawan. Terdapat parkir kendaraan roda empat dan roda dua yang telah di semen, tersedia warung dan kamar mandi, mushola, dan gardu pandang untuk melepas penat sejenak. Dikarenakan lokasinya yang jauh dari deretan pantai Gunung Kidul yang telah ramai, Pantai Ngedan terbilang sepi pengunjung. Ketika Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan merasakan sensasi seolah Anda sedang berada di pantai pribadi karena sepi. Akses yang akan Anda tempuh pun tidak selalu mulus. Terdapat beberapa jalan yang telah di semen namun rusak parah, dan ada pula jalan bebatuan yang akan Anda lewati. Namun demikian, Anda tidak akan menyesal setelah tiba di pantai ini dan bermain air sepuas hati Anda.

Tertarik untuk mengunjunginya? Segera atur jadwal liburan Anda dan rasakan sensasi berada di pantai pribadi.

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.