Intip Indahnya Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta

0
225
pantai sadranan, gunung kidul, yogyakarta

Anda tentu pernah mendengar adanya tebing runtuh di salah satu pantai di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Yap! Di Pantai Sadranan inilah terdapat tragedi yang membuat 10 orang tertimbun. Namun jangan salah, Pantai Sadranan tetap menjadi pantai pusat snorkeling terbaik di Gunung Kidul. Adanya tragedi tebing runtuh justru semakin menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Pantai pasir putih dengan kekayaan biota laut ini terus membuat wisatwan terpesona akan keindahannya. Mau tahu seperti apa keseruan snorkeling di pantai ini?

Rute ke Pantai Sadranan

Pantai Sadranan berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, D.I Yogyakarta. Untuk menuju Pantai Sadranan di butuhkan waktu kurang lebih selama 2-3 jam dari pusat kota Yogyakarta. Rutenya dari pusat kota Jogja, langsung mengambil arah menuju Jalan Wonosari. Setelah sampai di Kota Wonosari, ambil jalur yang mengarah ke pantai baron. Namun setelah melewati pos retribusi kita bakal menjumpai pertigaan jika ke kanan pantai baron, Anda terus lurus saja menuju arah pantai krakal. Pantai Sadranan ini berada di sebelah timur dari pantai krakal.

Snorkeling di Pantai Sadranan


Seperti yang telah kita ketahui, Pantai Sadranan ini dikenal akan wisata snorkelingnya. Pantai ini menyimpan keindahan bawah laut yang masih alami dan sangat cocok bagi Anda yang tertarik untuk mengenal lebih dekat dunia bawah air dan ingin berinteraksi langsung dengan penghuni bawah laut, seperti terumbu karang dan ikan-ikan cantik. Ketika Anda sampai di pantai ini Anda akan menemui banyak tempat penyewaan alat untuk snorkeling. Bagi Anda yang tidak bisa snorkeling tapi ingin belajar snorkeling di pantai ini, tidak perlu khawatir. Alat dan keamanan telah disediakan oleh pengelola, termasuk peralatan snorkeling plus pemandu untuk mengajarkan teknik senorkeling sekaligus sebagai pemandu menuju spot-spot snorkeling terbaik. Harga sewa yang di tawarkan pun sangat fantastis, cukup dengan Rp 50.000/pax Anda sudah dapat alat snorkel berupa kacamata, selang, pelampung serta sepatu plus pemandu. Tarif ini berlaku untuk dua jam. Bagi Anda yang masih pemula, sebelumnya akan di latih terlebih dahulu dasar-dasar mengenai penggunaan alat snorkeling agar nantinya nyaman dan juga Anda akan diajarkan cara menarik perhatian ikan-ikan agar mau mendekat dan tidak takut saat didekati.
Pemandu juga akan memberi tahu spot favorit disana, diantaranya spot Watu Pecah dan Kali Senggoro. Di dua spot ini snorkeler akan di suguhi dengan pemandangan biota laut yang asih alami. Terumbu karang yang mempesona dan spesies–spesies langka yang di lindungi seperti ikan Kepe–Kepe, Areng–Areng, Morish Idol, Botana Kuning, Botana Achilles, Ikan Lepu, Kerondong (Belut Moray), anakan Kerapu, Belanak, Muniran/ Pajung Pari, ikan Buntal dan ikan Neon, dan lain–lain.
K3 4
Selain itu, jika Anda ingin menghabiskan malam Anda di Pantai Sadranan, telah disediakan pula area untuk camping. Jika Anda tidak membawa dome sendiri, terdapat persewaan dome dengan harga harga Rp 50.000 selama 24 jam di lengkapi fasilitas karpet dan kapasitas empat orang untuk satu dome.

Tertarik untuk mencoba snorkeling di Pantai Sadranan? Anda dapat mengajak teman, keluarga, maupun pasangan Anda, dijamin Anda tidak akan kecewa.

Advertisements

Comments

comments