Pantai Wediombo Yogyakarta, “Laguna” Bernuansa Istimewa

0
264
pantai wediombo, laguna alami, yogyakarta

Ingin berwisata ke pantai dengan hamparan ombak yang luas? Anda dapat mencoba wisata ke Pantai Wediombo. Pantai ini berlokasi di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, D.I Yogyakarta. Pantai yang telah dikenal dengan hamparan pantainya yang luas ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada saat liburan. Pantai ini termasuk dalam gugusan pantai di ujung Timur sehingga hampir berbatasan dengan pantai yang ada di Kabupaten Wonogiri. Wediombo berasal dari Bahasa Jawa, kata “wedi” berarti pasir, sedangkan “ombo” berarti luas, jadi Wediombo memiliki arti pasir yang luas. Hal ini sesuai dengan kondisi Wediombo yang memiliki pantai berpasir putih dengan areal yang cukup luas, memanjang di bibir pantai. Terlebih lagi, pantai ini memiliki satu keistimewaan tersendiri. Apakah itu?

Rute Menuju Pantai Wediombo

Jalan menuju Pantai Wediombo dapat dilewati sepeda motor ataupun mobil, bahkan bus. Hanya saja pengemudi harus berhati-hati karena medan yang akan ditempuh berkelak-kelok serta naik turun. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi terdapat dua jalur yang bisa ditempuh. Jalur pertama yaitu melalui jalur selatan dengan menyusuri pantai-pantai Gunungkidul, Tepus, Girisubo, hingga tiba di Wediombo. Sedangkan jalur kedua adalah Wonosari – Semanu – Jepitu – Wediombo.
Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat naik kendaraan umum. Dari Terminal Giwangan, Yogyakarta silahkan Anda naik bus jurusan Jogja – Wonosari dengan membayar Rp 6.000,00. Sesampai di terminal Wonosari, Anda berganti dengan bus kecil jurusan Wonosari – Jepitu dan membayar biaya perjalan sebesar Rp 6.000,00. Bus ini akan berangkat setiap 20 menit sekali. Kemudian Anda turun di Pertigaan Jepitu, satu-satunya transportasi yang ada di tempat ini adalah ojek. Dengan membayar Rp 5.000,00 Anda akan diantarkan hingga Pantai Wediombo (Desember, 2010).

“Laguna” Istimewa Pantai Wediombo

K4 2

Pantai Wediombo sangat cocok dinikmati Anda yang ingin menyaksikan sunset secara langsung. Fasilitas yang disediakan pun sudah cukup memadai. Terdapat warung makan, toilet, parkir kendaraan, bahkan penjual souvenir. Selain itu, Anda juga dapat berselancar di pantai ini. Tidak seperti halnya pantai selatan di Pulau Jawa lainnya, pantai Wediombo mempunyai ombak besar yang sangat cocok untuk berselancar. Pantai Wediombo dikenal sebagai pantai yang memiliki batu karang dimana banyak orang yang memancing ikan dari atas batu karang tersebut. Satu keistimewaan yang dimiliki Pantai Wediombo adalah adanya gugusan batu karang yang membentuk kolam renang atau biasa disebut “laguna”. Laguna ini biasa digunakan pengunjung untuk berenang. Anda tidak perlu khawatir ketika berenang di “laguna” Wediombo ini karena pinggirnya tertutup oleh batu karang, sehingga tidak akan terkena ombak dari laut.

Jadi, ketika berwisata ke Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk memasukkan Pantai Wediombo ini ke daftar wisata Anda.

Advertisements

Comments

comments