5 Fakta Unik Donal Bebek versi Kabarnesia part 2

0
215
donal bebek, versi kabarnesia, fakta unik

Sosok Donal Bebek begitu dikenal berbagai kalangan. Bentuknya yang lucu serta suaranya yang khas membuat penggemarnya rela merogoh uang yang tak sedikit untuk mengoleksi barang-barang dengan tema Donal Bebek. Setelah kita mengetahui fakta unik Donal Bebek part 1, untuk menjawab rasa penasaran kalian mengenai fakta unik lainnya dari Donal Bebek, berikut fakta-fakta unik Donald Bebek versi Kabarnesia part 2:

Donal Bebek resmi tercatat sebagai tentara di U.S ARMY

Selama perayaan ulang tahun ke-50 Donal di tahun 1984, US Army mengangkat Donal menjadi sersan karena filmnya yang menghibur para tentara Amerika selama Perang Dunia II. Upacara untuk Donal sama dengan upacara pengangkatan militer lainnya, Donal mengenakan seragam militer dan menerima sertifikat serta lencana sersan, setelah itu ia memeluk kekasihnya, Desi Bebek, dalam kegembiraan.

Anak anak Italia protes

Peristiwa ini terjadi pada tahun 1960an dimana banyak anak-anak di Italia yang memprotes Donald Bebek yang selalu dikisahkan menjadi seorang pecundang. Karena itulah Donal Bebek kemudian muncul sebagai pahlawan super semacam Superman.

Film Inception terinspirasi dari komik Donal Bebek

Film Inception yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio ini membuat banyak para kritikus dan penonton seringkali bertanya dari manakah ide awal film tersebut. Jika kita flashback 8 tahun yang lalu, komik Donal Bebek telah menemukan ide mengenai film Inception tersebut, bahkan beberapa adegan dalam komik tersebut mirip dengan film Inception.
Dalam komik Donal Bebek yang berjudul “Uncle Scrooge: In The Dream of a Lifetime” menceritakan Gerombolan Siberat yang berperan sebagai pencuri mimpi dimana mereka masuk ke dalam mimpi Paman Gober untuk mengetahui kode rahasia dari brankasnya.
Setelah masuk ke dalam mimpi Paman Gober, Gerombolan Siberat sulit membedakan antara mimpi dan realita, sehingga mereka harus membawa benda khusus (dalam film Inception, benda ini dinamai totem).
Beberapa kesamaan lainnya yaitu cerita cinta Paman Gober dan Goldie yang mirip dengan Cobb dan Mal dalam film Inception. Metode yang digunakan juga sama ketika dalam dunia mimpi seperti menggunakan “Kick” untuk mengeluarkan seseorang dari mimpi, jika mati akan terperangkap dalam mimpi tersebut.

Komik Donal Bebek Menginspirasi Film Indiana Jones

Indiana Jones merupakan salah satu film masterpiece yang diproduseri oleh Steven Spielberg, sehingga jika Anda menyukai film-film Indiana Jones, berterima kasihlah pada komik Donal Bebek. Mengapa? karena dalam film Indiana Jones: Raiders dari Lost Ark, secara terbuka Spielberg dan Lucas mengaku terinspirasi dari komik Donal Bebek dalam beberapa adegannya.
Spielberg mengakui bahwa adegan ketika Indy mencuri reliq yang kemudian dikejar oleh batuan besar, didapatnya dari komik Donal yang berjudul “Uncle Scrooge: The Seven Cities of Cibola”, sedangkan Lucas yang menggarap adegan ketika Indy dikejar oleh suku setempat, terinspirasi dari komik Donal yang berjudul The Prize of Pizarro. Jadi, sudah sepatutnya Donal juga mendapatkan piala Oscar sama seperti Steven Spielberg.

Donal Penemu Metode Mengangkat Kapal yang Tenggelam

Pada tahun 1964, sebuah kapal barang terbalik di lepas pantai Kuwait, dan menyebabkan masalah karena kapal tersebut berisi 5.000 domba yang tenggelam dan membusuk di dekat area air minum Kuwait dan membahayakan konsumsi air Kuwait. Kemudian seorang ilmuwan asal Denmark, Karl Kroyer, merancang sebuah teknik untuk mengangkat kapal tersebut dengan cara mengisi kapal yang tenggelam dengan bola apung kecil yang disuntikkan melalui tabung. Daya apung gabungan dari bola tersebut membuat kapal itu muncul ke permukaan. Dibutuhkan sekitar 27.000 bola untuk mengangkat kapal itu.
Ketika Kroyer ingin mempatenkan idenya tersebut di kantor paten Jerman, Inggris dan Belanda, di 2 kantor paten dia berhasil mempatenkannya, namun ketika di kantor paten Belanda, dia ditolak, mereka mengatakan ia mencuri ide dari Donal. Apa yang dilakukan Kroyer sama seperti yang yang dilakukan Donal di cerita berjudul “The Sunken Yacht” yang menunjukkan Donal sedang berusaha keras untuk menemukan cara mudah untuk menaikkan kapal Paman Gober yang tenggelam dari dasar laut. Solusi keponakannya adalah untuk menurunkan selang dari permukaan, kemudian dipompa penuh dengan isi bola pingpong. Konsep ini sama dengan apa yang dilakukan Kroyer.

Wah, ternyata banyak fakta yang tersembunyi di balik sosok Donal Bebek ini. Menarik, bukan? Semoga tulisan mengenai Donal Bebek ini dapat membantu mengembangkan wawasan Anda.

Advertisements

Comments

comments