5 Air Terjun Menawan yang Wajib Dikunjungi di Yogyakarta

0
245
air terjun, wisata yogyakarta, kulon progo

Ketika berwisata ke Yogyakarta, Anda akan mencari wisata alamnya, bukan? Tidak hanya wisata candi maupun pantai, Yogyakarta juga dikenal memiliki wisata air terjun yang sangat eksotik. Jika Anda pernah mengunjungi Yogyakarta, Anda tak akan merasa asing jika disuguhi wisata air terjun Sri Gethuk yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Namun pernahkah Anda mencoba wisata air terjun yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta?

Letak Kabupaten Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu dari lima kabupaten/kota di Propinsi D.I. Yogyakarta yang terletak paling barat, dengan batas wilayah sebagai berikut:
Barat : Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah
Timur : Kabupaten Sleman dan Bantul, Propinsi D.I. Yogyakarta
Utara : Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah
Selatan : Samudera Hindia
Kabupaten Kulon Progo dengan ibu kota Wates ini memiliki luas wilayah 58.627,512 ha (586,28 km2). Letak topografi Kabupaten Kulon Progo terdiri dari 3 bagian. Pada bagian utara terdiri dari dataran tinggi/perbukitan Menoreh dengan ketinggian antara 500 1000 meter di atas permukaan air laut, bagian tengah terdiri dari daerah perbukitan dengan ketinggian antara 100 500 meter di atas permukaan air laut, dan bagian selatan terdiri dari dataran rendah dengan ketinggian 0 100 meter di atas permukaan air laut. Nah, dari topografi nya dapat kita ketahui jika Kabupaten Kulon Progo ini kaya akan mata air sehingga banyak air terjun yang dapat kita nikmati.
Inilah 5 Air Terjun Menawan di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Air Terjun Setawing

K6 1

Nama Setawing berasal dari bahasa lokal yaitu “Se” berarti Satu dan “Tawing” adalah Tebing. Penamaan tersebut memamg sesuai dengan keadaan air terjunnya yang berada di tebing ketinggian sekitar 18-20 meter. Air terjun ini terletak di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, tepatnya di belakang pasar Jonggrangan. Untuk menuju kesini dari Kota Jogja Anda dapat mengambil rute dari Tugu Jogja kemudian ke arah ke barat menuju perempatan Ring Road Barat Demak Ijo, Jalan Godean, Pasar Godean, lalu melewati Jembatan Sungai Progo. Setelah melewati jembatan sungai progo akan bertemu perempatan lampu lalu lintas Nanggulan, ambil arah barat menuju Pegunungan Menoreh Kulonprogo. Anda cukup mengikuti jalan besar pegunungan tersebut. Jalanan yang akan Anda akan berkelok naik turun dengan pemandangan alam yang tak kalah eksotik. Anda cukup ikuti jalan hingga mentok di pertigaan lalu ambil kanan. Setelah itu Anda akan memasuki wilayah Dusun dan Pasar Jonggrangan yang ada di kanan jalan. Di pasar tersebut terdapat petunjuk jalan yang akan menuntun kita menuju lokasi Air Terjun Setawing.
Untuk memasuki kawasan air terjun ini, Anda cukup membayar uang parkir sebesar Rp. 2000,- (motor) dan uang sukarela serta memberi kritik dan saran untuk kemajuan pengembangan wisata alam Air Terjun Setawing. Dari lokasi parkir menuju air terjunnya berjarak sekitar 100 meter, melewati jalan setapak yang terbuat dari semen. Jangan khawatir, kondisi jalanan yang akan Anda lalui cukup nyaman dan teduh karena di samping kanan kiri jalan terdapat hutan rakyat masyarakat setempat. Setelah 10 menit berjalan kaki, Anda akan sampai pada Air Terjun Setawing.

Air Terjun Grojogan Sewu

K6 2

Anda mungkin mengira ini adalah air terjun yang berada di Tawangmangu, Kecamatan Karanganyar, Jawa Tengah. Memang namanya sama, namun air terjun ini terletak di Kulon Progo, tepatnya di di dusun Beteng, desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Rute untuk menuju air terjun ini yaitu dari depan pasar Jonggrangan, Anda tinggal maju melewati pasar sekitar 100 meter. Disana akan ada pertigaan dengan plang penunjuk jalan, ambil kanan untuk ke Gronjogan Sewu ini. Ikuti jalan tersebut dan arah papan petunjuk jalan. Sekitar 20 menit perjalanan Anda akan sampai di air terjun ini.

Air Terjun Sigembor

K6 3

Air terjun lain yang dapat Anda kunjungi adalah Air Terjun Sigembor. Rutenya, dari Pasar Jonggrangan, ikuti petunjuk jalan menuju menuju Goa Kiskendo, Kokap atau Waduk Sermo. Setelah melewati Goa Kiskendo, Anda akan melewati pertigaan, ambil arah kiri, yaitu arah yang menuju arah Kokap atau Waduk Sermo. Ikuti jalan tersebut sekitar 10 menit, akan ada jalan turunan panjang. Setelah melewati jalan tersebut Anda akan menyaksikan keindahan air terjun ini. Perlu diketahui air terjun letaknya persis di pinggir jalan, namun karena papan petunjuknya sudah rusak dan tersembunyi, wisatawan agak sulit ditemukannya.

Grojogan Mudal

 

mudal1

Grojogan Mudal berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Penamaan Grojogan Mudal berasal dari nama sumber mata airnya. Letak sumber mata airnya tidak jauh dari lokasi air terjun. Sumber mata airnya berupa sungai bawah tanah yang keluar dari dinding Goa dan airnya mengalir keluar mengaliri lokasi air terjun. Air yang keluar dari sumber nya cukup deras dan jernih, terlihat beberapa pipa dipasang untuk mengalirkan air tersebut menuju bak penampungan yang nantinya akan digunakan oleh warga setempat.
Anda dapat mengambil rute dari Air Terjun Sigembor. Setelah melewati Dusun Banyuganti akan ada pertigaan dengan papan petunjuk ke Gronjogan Mudal, ambil arah kanan untuk ke air terjun Mudal. Air terjun ini punya beberapa tingkat, sehingga pengunjung bisa menikmatinya satu persatu. Air terjun ini lebarnya tidak cukup luas sehingga jika untuk main air disini agak kurang leluasa. Namun keindahannya tidak kalah dengan air terjun yang lain.

Air Terjun Kembang Soka

K6 5

Rute menuju Air Terjun Kembang Soka ini cukup mudah. Dari Gronjogan Mudal, ikuti jalan kembali menuju pertigaan, ambil lurus ke arah jembatan kecil (ke kiri kembali ke air terjun Sigembor). Sekitar 10 menit dari pertigaan tersebut, kanan jalan akan ada pintu masuk air terjun Kembang Soka. Air terjun Kembang Soka terletak di dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Air terjun seperti mempunyai dua warna yaitu putih dan hijau, batuan dasar sungainya kuning agak putih, dengan tebing di sebelah kanannya berwarna merah.

Bagaimana sahabatnesia? Indah bukan? Tertarik untuk mengunjunginya? Rencanakan liburan Anda bersama pasangan, keluarga, maupun teman Anda.

Advertisements

Comments

comments