Serunya Berburu Koleksi Pantai Cantik di Bangka Belitung (part 1)

0
229
bangka belitung, wisata pantai, pantai matras

Bangka Belitung tentu banyak masuk dalam daftar liburan yang diinginkan sebagian orang. Pesona pantai di daerah Bangka Belitung begitu membuat banyak orang mengaguminya. Banyak pantai engan khas masing-masing yang dapat ditonjolkan di pantai-pantai Bangka Belitung. Seperti apa liputannya?

Pantai Matras

Pantai Matras terletak disebelah timur laut pulau bangka, tepatnya di Desa Matras Kecamatan Sungailiat. Pantai ini populer di kalangan masyarakat Bangka, karena memiliki garis pantai yang datar dan sumber air tawar yang mengalir deras ke arah pantai. Kelebihan tersebut menjadikan pantai ini cocok sebagai lokasi untuk piknik dan berenang. Pantai landai dengan pasir putih halus sepanjang tiga kilometer ini menyuguhkan pemandangan pantai yang mengagumkan. Di Pantai Matras akan Anda temukan pemandangan pasir putih yang menyatu dengan bebatuan granit besar dengan beragam bentuknya yang unik. Selain itu, air laut yang hijau ditambah aliran sungai yang alami menambah keistimewaan Pantai Matras. Tidak mengherankan jika pantai ini mendapat julukan “Pantai Surga”.

Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi terletak di desa Air Itam, Pangkalpinang dan hanya berjarak 8km dari pusat kota. Pantai yang menghadap langsung ke Laut Cina Selatan tersebut menawarkan sejumlah panorama alam yang indah. Hamparan pantainya yang luas, kadang sampai 300 meter, ombak yang tenang membuat pantai ini sangat nyaman untuk berenang dan mandi. Pantai ini diberi nama Pasir Padi karena ketika Anda menginjakkan kaki di pantai ini, pasir pantainya berbentuk seperti bulir-bulir padi. Keunikan lain dari pantai ini yaitu memiliki garis pantai sepanjang 300 meter dengan ombak yang tenang, warna pasirnya yang putih dan padat. Oleh karena itu, dengan kondisi pasir pantainya yang padat, terkadang warga setempat menggunakan pantai ini sebagai arena adu balap motor.

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri terletak di daerah Matras Sungailiat. Jarak tempuhnya sekitar 40 km dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang. Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa, karena tidak tersedianya kendaraan umum di daerah ini. Pantai ini landai dengan ombak yang lembut. Pasir putih dengan air laut yang menghijau menambah keindahan pantai. Anda juga bisa menikmati batu-batu granit yang besar dan beraneka ragam bentuknya.

Pantai Nirwana

Letaknya Pantai Nirwana (atau biasa disebut Pantai Tikus) hanya sekitar 14 Km ke arah Selatan dari pusat Kota Padang menuju Kabupaten Pesisir Selatan. Pantai ini dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur. Keindahan terumbu karang Pantai Nirwana menjadi daya tarik tersendiri para turis untuk melakukan penyelaman. Gugusan karang dan ikan-ikan serta jutaan biota laut lainnya akan menjadi pemandangan bagi pengunjung ditempat ini. Bahkan terdapat sebuah klenteng di dekat pantai ini, yaitu Klenteng Puri Tri Agung. Anda dapat melihat keindahan pantai Nirwana dari klenteng ini.

 

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi yang terletak 30 Km dari pusat Kota Tanjung Pandan. Tanjung Pandan merupakan Ibukota Kabupaten Belitung. Pantai ini pernah dijadikan tempat syuting film terkenal yaitu Laskar Pelangi. Pesona kecantikannya merupakan daya tarik dari pantai ini. Hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau tosca kebiruan serta hamparan bebatuan yang berada di sekitar pantai menambah pesona kecantikan Pantai Tanjung Tinggi. Tidak hanya menikmati pesona kecantikannya saja, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas olahraga air di Pantai Tanjung Tinggi. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini yaitu, berjemur, berenang, memancing, snorkeling, menyelam, dan menyewa jetski serta menjelajah dengan kano atau perahu karet.

Tertarik bukan dengan keindahan pantai disana? Ternyata selain pantai-pantai di atas, masih banyak lagi pantai mempesona di Bangka Belitung yang dapat Anda kunjungi. Penasaran? Simak pada tulisan selanjutnya dalam “Serunya Berburu Koleksi Pantai Cantik di Bangka Belitung (part 2)”.

Advertisements

Comments

comments