Selamat Hari Batik Nasional, Mari Lestarikan Warisan Bangsa

0
308
hari batik, warisan Indonesia, batik
Baju batik/Google

Kabarnesia.com – Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

UNESCO sebagai Badan PBB yang membidangi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan secara resmi telah mengakui Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia dan masuk dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia. Pengakuan tersebut sekaligus merupakan pengakuan internasional terhadap kebudayaan Indonesia.

Di Indonesia sendiri, penetapan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional tercantum dalam Keputusan Presiden RI Nomor 33 Tahun 2009. Penetapan Hari Batik Nasional ini sejatinya merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan martabat Bangsa Indonesia dan citra positifnya di forum Internasional.

Selamat Hari Batik Nasional. Kita sebagai generasi penerus bangsa tidaklah perlu malu dan harus bangga akan warisan budaya berupa batik ini. Terus berikan inovasi terhadap pemakaian batik dengan tidak meninggalkan kekhasan dari batik itu sendiri. Terus kenakan batik dalam acara penting. Tunjukan pada dunia bahwa batik memang pantas menjadi warisan yang perlu dipertahankan keberadaannya.

Advertisements

Comments

comments