Serunya Berburu Koleksi Pantai Cantik di Bangka Belitung (part 2)

0
230
bangka belitung, wisata pantai, pantai cantik

Berbicara mengenai wisata Indonesia memang tidak ada habisnya. Tanpa perlu menghabiskan banyak biaya ke luar negeri, kita dapat menikmati pesona keindahan Indonesia. Misalnya saja pesona pantai di Bangka Belitung ini. Jika pada part 1 telah diuraikan 5 pesona pantai Bangka Belitung, kini akan dibahas pantai-pantai lain di Bangka Belitung yang dapat Anda eksplorasi.

Pantai Bukit Berahu

eksotisme Pantai Bukit Berahu

Pantai Bukit Berahu terletak di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Belitung yang berada kurang lebih 18 km dari pusat Kota Tanjungpandan. Untuk menuju pantai ini sobat traveler dapat menjangkaunya dengan menaiki kendaraan pribadi maupun kendaraan sewaan. Pantai Bukit Berahu Belitung letaknya agak tersembunyi di kaki Bukit Berahu, yang bisa diakses dengan menuruni undakan landai yang berjumlah tak kurang dari 96 buah. Alasan dinamakannya pantai ini sebagai Pantai Bukit Berahu karena pantai ini memiliki pemandangan unik berupa sebuah bukit yang bila dilihat dari kejauhan berbentuk seperti perahu yang terbalik. Di pantai ini sobat traveler dapat berenang, berjalan-jalan di sepanjang tepi pantai, maupun bersantai menikmati keindahan serta hembusan angin yang bertiup semilir. Selain memiliki daya tarik berupa keunikan dan keindahan pemandangan, Pantai Bukit Berahu juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup baik seperti gazebo dan penginapan.

Pantai Teluk Uber

Indahnya pemandangan Pantai Teluk Uber

Sesuai dengan namanya, pantai Teluk Uber memiliki bentuk yang serupa sebuah teluk. Sekilas melihat pemandangan yang ada di kiri dan kanan pantai ini cukup mirip dengan semenanjung selatan Pantai Matras yang merupakan pantai terpanjang di Pulau Bangka. Perbedaan dan sekaligus jadi keunggulan Pantai Teluk Uber terletak di butiran pasirnya yang lebih kecil, sehingga terasa halus ketika Anda menginjakkan kaki diatasnya. Pantai ini masih bersih dan pasirnya berwarna putih terang. Perbedaan yang paling terlihat dari Pantai Teluk Uber dan pantai lainnya yaitu bebatuan besar yang mengisi beberapa bagian di pantai. Meski terbilang masih sepi, fasilitas di pantai ini juga sudah cukup tersedia. Ada beberapa tempat penginapan, warung makan, kafe dan penjual oleh-oleh khas Belitung yang ikut menghiasi Teluk Uber.

Pantai Romodong

Pantai Romodong dengan bebatuan uniknya

Pantai Romodong terletak tidak jauh dari kota Belinyu, Pantai ini cukup sulit ditempuh, jika dari ibukota harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam sekitar 110 KM. Jika dari Sungailiat harus menempuh perjalanan sepanjang 77 KM. Sebelum Anda sampai ke Pantai Romodong, Anda akan meneui hal menarik yang menjadi ikon bagi pantai tersebut. Sebelum memasuki “Gapura” pantai setiap pelancong akan menemui “Gapura” berupa dua lempengan batu raksasa di sebelah kanan dan kiri jalan. Dua lempeng batu gapura ini sangat unik. Pasalnya, bentuk dan tekstur bebatuannya menyerupai batu dari gunung. Bahkan ketika Anda telah sampai di pantainya, Anda akan disuguhi bebatuan yang bentuknya menyerupai kura-kura.

Bebatuan unik di “Gerbang Masuk” Pantai Romodong

Pantai Layang

Pantai Layang menjelang malam

Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Matras ini berlokasi di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, bagian timur Pulau Bangka. Pantai Tanjung Layang dan Pantai Matras dipisahkan oleh sebuah bukit besar. Daerah pesisir Pantai Tanjung Layang dipenuhi bebatuan granit. Pasir pantai yang putih dikelilingi bebatuan granit sesekali terhempas deburan ombak pantai yang airnya masih jernih alami. Kumpulan batu granit yang berada di tengah laut seolah menjadi pulau kecil yang terpisah. Dari gundukan batuan granit tersebut, pengunjung dapat melempar kail dan coba menangkap ikan-ikan yang terjebak di antara bebatuan.

Bagaimana? Anda tertarik dengan eksotisme pantai-pantai di Bangka Belitung? Jika Anda merasa bosan dengan pantai umum seperti di Bali dan di Jawa, tidak ada salahnya rencanakan liburan Anda ke Sumatra dan nikmati keindahan pantai Bangka Belitung.

Advertisements

Comments

comments