Belgia Perpanjang Kewaspadaan di Brussels Pasca Teror Paris

0
180
waspada belgia, teror paris, penutupan brussels

Setelah aksi teror yang terjadi di Paris, kini Belgia meningkatkan status kewaspadaan berada di siaga 4. Status ini mulai diumumkan pada hari Sabtu (21/11/2015) kemarin. Hingga Senin (23/11/2015) Ibu Kota Belgia Brussels tetap berada dalam tingkat kewaspadaan tinggi terkait ancaman terorisme. Perdana Menteri Belgia Charles Michel mengatakan, hal ini ditetapkan karena adanya ancaman serangan serius seperti yang terjadi di Paris beberapa waktu silam.

Badan Pusat Krisis Nasional di Belgia, OCAM mewakili Mendagri Belgia menyatakan, “Berdasarkan evaluasi terakhir, pemerintah pusat telah menaikkan status bahaya teror menjadi siaga 1 (di Belgia disebut Siaga 4), yang menandakan adanya ancaman sangat serius bagi kawasan ibu kota.”

Dengan diberlakukannya status tertinggi ini, sarana transportasi seperti Metro telah berhenti beroperasi di Brussels selama dua hari terakhir karena situasi keamanan di kota itu. Masyarakat juga dihimbau menghindari lokasi keramaian.

Dilancir bbc.com pada Senin (23/11/2015), “Universitas, sekolah, dan metro akan tetap ditutup untuk sementara,” kata Michel.

Penutupan Brussels selama akhir pekan ini dikarenakan Kepolisian Belgia tengah berusaha mencari salah satu penyerang teror di Paris yang bernama Salah Abdeslam. Ia dilaporkan sedang berada di sekitar Brussels dan sedang mencari usaha untuk kabur ke Suriah.

Menurut Michels, pemerintah Belgia khawatir serangan serupa yang terjadi di Paris akan terjadi di Belgia.  “Pemerintah khawatir dengan serangan yang mirip dengan serangan di Paris, dengan beberapa orang yang bisa melancarkan serangan di beberapa tempat berbeda dalam satu waktu,” kata Michels kepada wartawan di Brussels.

Hingga kini Salah Abdeslam masih terus dilacak oleh pihak keamanan mengenai keberadaannya. Dilaporkan terkahir ia terlihat mengemudi mengarah ke perbatasan Belgia, saat polisi menghentikan dia beberapa jam setelah serangan. Polisi perbatasan saat itu tidak mengetahui bahwa Abdeslam terlibat serangan Paris.

Advertisements

Comments

comments