Inilah 5 Sebab Mengapa Anda Sebaiknya Menghindari Konsumsi Kopi Instan

87
183
kopi instan, bahaya, hindari

Mayoritas masyarakat Indonesia diisi oleh para pecinta dan penikmat kopi. Terlebih dengan banyaknya jenis kopi Indonesia dengan variasi rasa yang tentu saja mampu menggoda lidah untuk tak sekedar mencicipinya, bahkan ada yang hingga tergila-gila oleh kopi. Namun karena padatnya aktivitas dan demi efisiensi, tak sedikit yang memilih untuk mengonsumsi kopi instan.

Kopi instan muncul pada first wave era, yang mana pada masa itu industri kopi sedang tergila-gila dengan sesuatu yang praktis dan mudah. Adanya Perang Dunia tentu menjadi nilai lebih munculnya kopi instan ini. Namun tahukah Anda jika kopi instan tidaklah baik dikonsumsi secara terus-menerus? Simak 5 alasan berikut agar Anda lebih menjaga pola konsumsi kopi instan.

Pengolahan Kopi Instan Tidaklah Alami

Mengapa tidak alami? Dalam mengolah kopi instan, banyak zat kimia yang dimasukkan di dalamnya. Berbeda dengan kopi segar, pembuatan kopi instan sedikit lebih rumit agar dapat dinikmati dalam waktu singkat. Banyak bahan pengawet yang digunakan sebagai campuran kopi instan agar tahan lama.

Kopi Instan Bukanlah Kopi tapi Perasa Kopi

Tentu dapat Anda bayangkan kopi segar yang banyak dijual tidaklah memiliki harga rendah layaknya kopi instan. Kopi yang segar berasal dari biji yang berkualitas. Hal ini tentu menjadi pertanyaan, bagaimana bisa kopi yang telah diolah memiliki rasa pahit dan manis dijual dengan harga murah. Jawabannya adalah karena koi instan tidak mengandung kopi 100%, akan tetapi perasa kopi buatan yang rasanya tentu mirip kopi. Jika Anda merasakan adanya kopi rasa kopi dalam kopi instan, itu bukanlah kopi asli, melainkan perasa kopi.

Kopi Instan Tak Mengandung Anti-Oksidan

Kopi asli banyak mengandung anti-oksidan yang kaya akan asam klorogenat. Kandungan ini membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya. Tak hanay itu, anti-oksidan pada kopi membantu melawan sel-sel penuaan. Namun hal ini tidaklah terdapat pada kopi instan. Proses pembuatan kopi instan yang tak alami menghilangkan anti-oksidan yang ada di dalam kopi. Itu kenapa kopi instan tak baik untuk dikonsumsi.

Kopi Instan Tidak Memberikan Nikmatnya Pengalaman Menyeduh Kopi

Saat mengonsumsi kopi instan, Anda tak akan merasakan kenikmatan proses menyeduh kopi. Dari bermain dengan temperatur air, bermain dengan rasio, aneka biji kopi dengan beragam flavor, serta menggunakan beragam alat seduh yang menyenangkan, Anda akan kehilangan nikmatnya hal tersebut saat meminum kopi instan. Kopi instan yang bersifat praktis takkan memungkinkan kamu melatih skill menyeduh kopi yang sebenarnya bisa kamu kembangkan.

Tak Dapat Bereksplorasi dengan Kopi Instan

Hal ini dikarenakan kopi instan hanya memiliki 1 rasa kopi. Hal ini tentu membatasi Anda dalam bereksplorasi mengenai rasa kopi. Berbeda dengan kopi yang dihasilkan dari biji segar. Dengan kopi jenis ini Anda dapat mengeksplorasi cita rasa kopi dari berbagai bagian. Berbeda cara seduh, berbeda rasa yang akan Anda dapatkan. Berbeda tingkat kehalusan, berbeda pula rasa yang timbul. Pada kopi instan, hal-hal ini sudah pasti tidak akan Anda dapatkan.

Itulah 5 alasan mengapa Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kopi instan secara terus-menerus. Memang benar jika sesuatu yang instan itu tidak baik, bukan? Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.