Ingin Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC Meski Cuaca Terik? Ini Rahasianya!

1173
1056
tips rumah sejuk, rumah tanpa AC, tanam pohon

Setiap orang tentu ingin memiliki rumah sejuk bak suasana pegunungan tanpa adanya bantuan air conditioner atau yang sering disingkat AC. Namun semakin bertambah panasnya bumi dari hari ke hari menjadikan keinginan tersebut pun pupus. Padahal, penggunaan AC justru akan membuat pengeluaran semakin membengkak.

Ternyata, membuat rumah tampak sejuk tak melulu dengan AC bisa Anda wujudkan. Selain mendapatkan kesejukan alami, Anda dapat memperoleh beberapa keuntungan lain dengan tidak menggunakan AC. Salah satunya yaitu menjadi hemat listrik karena tagihan listrik akan berkurang.

Dilansir dari huffingtonpost.ca, seperti inilah beberapa cara untuk membuat rumah sejuk tanpa AC:

1. Membuat ventilasi

Perlu diketahui bahwa ventilasi menjadi kunci agar rumah Anda menjadi sejuk pada siang hari. Ventilasi berfungsi sebagai sirkulasi udara di rumah Anda. Rumah dengan jumlah ventilasi sedikit pastilah akan terasa sangat panas ketika Anda di dalam rumah. Sirkulasi udara yang cukup akan mengurangi suhu panas di dalam rumah. Cara lain yang lebih sederhana dan murah yaitu dengan menggunakan kipas angin dekat pintu untuk mengusir hawa panas di dalam rumah.

2. Pasang tirai di kaca

Hawa panas sinar matahari yang langsung menyinari kaca rumah Anda bisa diredam dengan adanya tirai. Hal ini akan membuat cahaya matahari tidak langsung memantul ke lantai atau tembok rumah.

Cahaya matahari harus tetap menyinari ruangan rumah agar di dalam rumah tidak lembab. Tapi, dengan adanya tirai, cahaya matahari tidak langsung menyinari lantai rumah.

3. Mematikan peralatan elektronik

Agar temperatur di dalam rumah Anda tetap dingin, jangan sering hidupkan peralatan elektronik seperti oven. Jangan juga sering-sering membuka kulkas yang mengakibatkan mesin kulkas bekerja lagi.

4. Tanam pepohonan

Menanam pepohonan justru menjadi cara efektif untuk membuat rumah Anda tetap sejuk. Jika rumah Anda terlalu sempit untuk ditanami pepohonan, Annda dapat menanam beberapa tanaman kecil dalam pot. Semakin banyak tanaman di sekitar rumah akan membantu mengurangi sinar matahari terkena langsung rumah Anda.

5. Banyak minum air putih

Hal ini diperlukan agar tubuh Anda tidak terkena dehidrasi. Cuaca yang panas akan membuat tubuh memerlukan banyak asupan air. Untuk itu jangan sampai Anda kekurangan air minum agar suhu tubuh Anda tetap terjaga dengan baik.

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.