Mau Tahu Asal Kata ‘Jomblo’? Jomblo Jangan Baca Nanti Sakit Hati!

0
279
jomblo, bahasa yunani, jomluho bloholo

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan kata jomblo. Jomblo adalah kata yang paling sensitif didengar bagi sebagian orang. Terlebih lagi bagi kamu yang saat malam minggu hanya duduk manis dirumah, sudah pasti akan banyak pertanyaan yang mengalir di telingamu apakah kamu seorang jomblo.

Namun sudahkah terlintas dipikiranmu darimana kata jomblo itu sendiri berasal?

Jomblo bukanlah kata yang berasal murni dari bahasa Indonesia, melainkan mengambil dari bahasa lain. Ternyata tak disangka-sangka kata jomblo berasal dari bahasa Yunani.

Jomblo diambil dari kata Jomluho Bloholo. Dalam bahasa Yunani itu sendiri, jomluho bloholo berarti ‘kutukan’.

Seseorang dikatakan jomblo apabila ia tidak memiliki pacar dan masih betah sendiri saja tanpa menjalin hubungan spesial dengan orang yang spesial pula. Tentu saja ini adalah kata yang terdengar menyedihkan mengingat banyaknya manusia di dunia dan kamu belum memiliki gandengan untuk berbagi suka, duka, dan kebahagiaan.

Namun jomblo ternyata juga berasal dari bahasa Sunda jomlo yang sudah dibakukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang memiliki arti negatif dari gadis tua. Kata tersebut digunakan untuk menyebut seorang wanita yang sudah tua namun belum menikah atau memiliki kekasih.

Munculnya huruf -b sehingga dari kata jomlo menjadi jomblo adalah karena pengucapannya yang lebih enak ketika menjadi jomblo. Seiring perkembangan jaman, kata tersebut tidak hanya diucapkan bagi wanita, namun juga bagi laki-laki.

Jika kita coba gabungkan pengertian kata jomblo dari bahasa Yunani dan bahasa Sunda, berarti jomblo adalah wanita tua yang terkena kutukan dong, ya?

 

Advertisements

Comments

comments