Tahukah Anda? HokBen Terbukti 100% Produk Asli Indonesia Lho!

2
322
HokBen, produk asli indonesia, hendra arifin

Hoka-Hoka Bento atau yang biasa disingkat HokBen sudah tak asing lagi di teling masyarakat. Tempat makan yang menyediakan berbagai jenis makanan ala Jepang ini begitu banyak digemari. Gerainya dapat kita di dalam mall maupun berupa resto yang berdiri sendiri di pinggir jalan. Namun tahukah Anda bahwa HokBen adalah murni produk dari Indonesia?

Dulunya HokBen masih berupa sebuah gerai mungil yang letaknya berada di daerah Kebon Kacang Raya, Jakarta. Usaha ini adalah milik Hendra Arifin.

Sebagai pemilik PT Eka Bogainti, Hendra tertarik untuk mengembangkan resto cepat saji ala Jepang karena pada tahun 1985 konsep tersebut belum ada di Indonesia. Untuk meneruskan niatnya, ia bahkan melakukan studi banding ke Jepang dan kemudian membeli izin menggunakan merek dan technical assistance Hoka Hoka Bento di Indonesia.

Hendra mengaku, PT Eka Bogainti telah memiliki penuh hak cipta atas merek Hoka Hoka Bento. Bahkan, usaha serupa dengan merek sama yang ada di Jepang sudah tidak ada lagi.

Sistem Hoka-Hoka Bento awalnya adalah take away (pesan ambil/ bawa pulang). Namun kemudian konsep ini diubah menjadi fast food (cepat saji), mengadopsi trend cara makan yang praktis dan higienis ala Jepang. ”Layanan semacam itu menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang tengah menikmati pembangunan,” ujar Hendra.

Saat ini, Hoka Hoka Bento tengah ditangani anak Hendra Arifin, yakni Paulus Arifin, yang menjadi direktur operasional PT Eka Bogainti.

Menurut Paulus, dampak krisis global membuat pengunjung resto sedikit berkurang sehingga ia menerapkan strategi khusus untuk menarik minat konsumen dengan berbagai menu spesial. Selain itu, efisiensi terus dilakukan tanpa harus melakukan perampingan tenaga kerja. Kini, Hoka Hoka Bento mempekerjakan sekitar 4.000 tenaga kerja.

Hendra mengaku, HokBen tidak berencana berekspansi ke sistem waralaba. Hal ini dilakukan dengan alsan mempertahankan kualitas layanan. “Memang menggiurkan tapi kami tidak ingin serakah. Selain itu, bisnis makanan tergantung pada kualitas layanan,” katanya.

Nah, kini telah terbukti bahwa HokBen yang banyak dianggap sebagai produk dari Jepang ini justru asli dari Indonesia. Semoga masyarakat tak salah mengira lagi akan anggapan HokBen sebagai produk asing.

 

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.