Lea Jeans Produk Indonesia, Mitos atau Fakta?

52
449
Lea, jeans, asli Indonesia

Bagi Anda penggemar jeans tentu memiliki banyak jenis jenas dengan berbagai merek. Lea, salah satu brand jeans yang sangat terkenal tentulah harus menjadi salah satu yang Anda punya. Brand yang sudah terkenal di dunia ini memiliki sebuah fenomenal menarik. Banyak yang beranggapan Lea adalah produk luar negeri, namun ada juga yang berpendapat Lea adalah produk asli Indonesia. Lantas bagaimana menurut Anda? Mitos atau fakta bahwa Lea adalah produk Indonesia? Jika mengintip ke belakang beberapa tahun silam, Anda akan mengetahui jawabannya.

Lea merupakan salah satu produksi dari perusahaan asal Indonesia yang beroperasi di Tangerang, Banten yang bernama PT Lea Sanent. Merek ini pertama kali diluncurkan sejak tahun 1976 untuk menyediakan pakaian casual, jeans serta aksesoris dengan desain dan gaya ala Amerika Latin. Untuk mempertegas apa yang mereka produksi, logo yang digunakan pun dibuat sangat mirip dengan bendera negara adidaya tersebut.

Karenanya, hal inilah yang membuat beberapa orang terkecoh dengan merek Lea. Banyak orang menganggap bahwa Lea merupakan merek internasional asal Amerika. Namun perlu diketahui bahwa Lea adalah produk asli Indonesia. Tak percaya? Anda akan menemukan pabriknya yang berlokasi di Tangerang. Disana pula Lea telah berhasil membuat produk-produk berkualitas tinggi. Tak hanya laris di pasaran dalam negeri, bahkan Lea berhasil menembus negara-negara luar seperti Dubai, Korea, Hong Kong. Lea selalu berpegang teguh dalam menjamin kualitas produk dan berusaha untuk terus melakukan terobosan-terobosan baru untuk produk Lea.

Bisnis tidaklah selalu semulus yang dibayangkan. Begitu juga dengan Lea yang banyak menemui terjal di tengah perjalanannya. Saat memproduksi T-shirt di Singapura, Lea banyak mendapatkan hambatan yang pada akhirnya membuat Lea fokus mengeluarkan produksi denim sejak era tahun 1978 hingga 1979 yang kemudian terus terkenal hingga saat ini.

Dengan menawarkan original cutting 606 khas Lea, Lea telah hadir untuk segmen pasar dengan usia 25-35 tahun dengan kapasitas produksi hingga 1 juta pieces tiap bulannya. Saat ini Lea telah mempunyai lebih dari 34 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia yang didukung dengan 200 counter di beberapa pusat perbelanjaan serta 100 toko jean lokal.

Ketenaran yang ada pada Lea membuat banyak oknum tak bertanggung jawab mencoba untuk memanfaatkan nama besar Lea. Salah satunya terjadi pada tahun 2000 lalu saat Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan berhasil menangkap empat pabrik yang memalsukan merek Lea. Pabrik yang memalsukan merek Lea tersebut berada di kawasan Cipulir, Jakarta Selatan. Pabrik yang beromset hingga 2 miliar rupiah ini telah beroperasi selama satu bulan dan berhasil memproduksi lebih dari 12.000 celana Lea palsu sebelum akhirnya digerebek oleh petugas kepolisian.

Awalnya pihak kepolisian mendapat laporan dari para produsen yang mendapat lisensi akan merek Lea di Indonesia. Mereka merasa resah karena terdapat beberapa produk Lea yang dipalsukan oleh oknum-oknum nakal. Dari tangan enam pelaku, polisi telah berhasil menyita barang bukti yang meliputi mesin jahit, merek palsu, hologram, ribuan celana dan bahan baku jean.

Untuk membedakan Lea yang asli dengan yang palsu, Anda dapat mengecek tanda keaslian. Pada Lea jeans yang asli, terdapat tulisan Lea 45 pada ritsleting nya.

Jadi, apakah Anda sudah dapat menyimpulkan asal produk Lea sebenarnya? Yap! Lea adalah produk Indonesia dan hal tersebut tidak hanya sekedar mitos, melainkan fakta yang sudah terbukti.

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.