Pencipta Batman Ternyata Adalah ‘Batman’ yang Sebenarnya

0
436
bill finger, pencipta batman, bob kane

Siapa yang tak kenal dengan sosok superhero bernama Batman? Ternyata di balik penciptaan Batman, ada pula cerita “gelap” yang kurang sedap. Berpuluh tahun, hanya nama Robert “Bob” Kane yang tertera pada setiap film Batman. Bahkan hingga September 2015, hanya Bob Kane yang diakui oleh DC Comics sebagai pencipta Batman. Tak pernah sekalipun Milton “Bill” Finger termasuk di dalamnya.

Dikutip dari x.detik.com, Jim Steranko, seorang seniman dan sejarawan komik  mengungkapkan, “Bill Finger, seperti Batman, hidup di antara bayangan gelap. Hingga meninggal pada 18 Januari 1974, nama Bill Finger tak juga diakui sebagai pencipta Batman bersama Bob Kane”.

Tak Hanya Bob Kane Pencipta Batman?

Padahal, tanpa adanya sentuhan dari Bill Finger, tak akan ada Batman seperti Batman di trilogi The Dark Knight, yang disutradarai Christopher Nolan, maupun Batman di Batman Vs Superman : Dawn of Justice, yang masih tayang di bioskop hari ini.

“Aku memberikan kredit utama kepada Bill Finger atas kesuksesan serial Batman,” tutur Jim Steranko pada FastCompany, dua tahun lalu. “Hampir semua ide bagus soal Batman bersumber dari idenya…. Dialah jenius sebenarnya di balik Batman.”

Sayangnya, sosok Bill Finger, seperti Batman, hidup di antara bayangan gelap. Hingga meninggal pada 18 Januari 1974, nama Bill Finger tak juga diakui sebagai pencipta Batman bersama Bob Kane.

Setahun setelah Superman lahir, kemudian disusul Batman muncul pertama kali di Detective Comics nomor 27 pada Mei 1939. Namun Batman bukan sepenuhnya ide Bob Kane. Menurut Marc Tyler Nobleman, penulis buku Bill the Boy Wonder: The Secret Co-Creator of Batman, beberapa bulan sebelum DC Comics memuat Batman, Bob Kane menyampaikan idenya kepada Bill Finger.

Batman pertama kali muncul di Detective Comics nomor 27

Asal Mula Munculnya Sosok Batman

Bob yang kala itu berusia 23 tahun, baru bertemu dengan Bill yang berusia 24 tahun di sebuah pesta. Bob dan Bill sama-sama lulusan SMA DeWitt Clinton di Bronx, New York. Bob menunjukkan gambar superhero yang akan dia tawarkan kepada DC Comics, yang pada saat itu masih bernama National Allied Publications. “Dia menggambar karakter yang menyerupai Superman,” kira-kira demikian ungkap Bill Finger, seperti dikutip Jim Steranko saat kembali mengenang.

Bill Finger

Batman versi Bob Kane mengenakan kostum ketat berwarna merah, mengenakan topeng domino dan berambut pirang. Superhero ini digambarkan tanpa sarung tangan hitam bersirip. Kemudian Bill Finger-lah yang memberikan perubahan pada sosok Batman. Ialah yang “memasang” sarung tangan dan topeng, mencopot sayap yang semula mirip burung dan mengganti kostum Batman yang mirip dengan Flash Gordon. Tak hanya itu, Bill Finger pulalah yang memilih nama Bruce Wayne, Kota Gotham, serta merumuskan konsep Batmobile dan Batcave.

“Bill Finger merombak habis cerita dan sosok Batman,” kata Tyler Nobleman, kepada Globe and Mail, pekan lalu. Tyler Nobleman malah mengerdilkan peran Bob Kane, yang selama hampir 80 tahun diakui sebagai satu-satunya pencipta Batman. “Sejujurnya dia hanya menciptakan nama Batman.”

Dari Batman lahir hingga meninggal pada 1998, Bob Kane menikmati kejayaan Si Manusia Kelelawar ini. Film-film Batman laris manis di layar bioskop jauh melampaui film-film Superman. Sementara itu, Bill Finger meninggal tanpa meninggalkan banyak harta benda untuk keluarganya. “Beberapa orang akan mengatakan dialah martir terbesar dalam sejarah komik…. Dia meninggal dalam kondisi miskin, tanpa obituari dan pemakaman yang layak,” kata Nobleman kepada Knowledge@Wharton.

Diakuinya Peran Besar Bill Finger Sebagai Pencipta Batman

Setelah lima belas tahun kepergian Bill, dalam otobiografinya, Bob Kane baru mengakui sumbangan besar Bill Finger dalam penciptaan sosok Batman. “Bill menulis sebagian besar cerita yang hebat itu. Jika aku bisa kembali ke masa 15 tahun sebelum dia meninggal, aku akan bilang kepadanya, ‘Aku akan menaruh namamu. Kamu layak mendapatkannya,’” tulis Bob Kane.

Tapi stempel resmi Bill Finger sebagai pencipta Batman baru diberikan lebih dari seperempat abad kemudian. Pada September tahun lalu, akhirnya DC Comics resmi mengakui Bill Finger sebagai pencipta Batman, bersama Bob Kane. “Peran Bill Finger sangat penting dalam menciptakan elemen-elemen yang memperkaya dunia Batman,” kata Diane Nelson, Presiden DC Entertainment.

 

Advertisements

Comments

comments