Ingin Tau 5 Negara Manakah yang Memiliki Harapan Hidup Terlama ?

55
207
Ingin Tau 5 Negara Manakah yang Memiliki Harapan Hidup Terlama ?
Panjang Umur (Gambar : Google)

Hidup lebih lama atau panjang umur adalah keinginan hampir semua orang di dunia, menjadi panjang umur salah satunya bisa dipengaruhi oleh gaya hidup. Menurut CIA World Factbook, harapan hidup di setiap negara kini mulai meningkat beberapa dekade ini. Berikut merupakan lima negara yang memiliki hidup terlama.

1. Jepang
Negara dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi ini memiliki banyak centenarian atau orang yang hidup selama 100 tahun atau lebih. Terdapat lebih dari 58 ribu warga Jepang yang lebih tua dari 100 tahun. Hal tersebut membuat Jepang sebagai negara terbanyak yang warganya hidup lebih dari 80 tahun. Okinawa, sebuah pulau kecil di Jepang merupakan salah satu zona biru yaitu zona yang memiliki harapan hidup tinggi. Penduduknya memang terkenal rajin belajar di pagi hari dan mengajar karate. Hal tersebut membuat mereka tetap aktif dan sehat secara fisik, selain itu mereka juga banyak mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti nasi, tunas bambu, tofu, rumput laut, dan acar.

2. Monaco
Penduduk Monaco adalah penduduk yang mampu mencari dan mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, mereka juga rutin melakukan olah raga dan tidak merasa stres terhadap isu-isu yang ada setiap harinya. Negara yang berbatasan dengan laut Mediterania ini memiliki penduduk yang banyak makan ikan, buah-buahan, dan sayuran. Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa jika diet mediterania merupakan salah satu diet sehat yang pernah ada.

3. Singapura
Harapan hidup penduduk di negara Singapura ini rata-rata mencapai 84,68 tahun. Negara ini memiliki ekonomi yang kuat sehingga sistem kesehatannyapun efisien. Sistem kesehatan mereka berupa pencegahan awal, deteksi penyakit kronis, serta pengawasan yang ketat oleh dokter. Selain itu, penduduk Singapura juga mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan antioksidan.

4. Italia

Penduduk di negara Italia ini memiliki harapan hidup rata-rata mencapai 82,12. Hal ini disebabkan kemiskinan dinegara ini semakin sedikit jika dibandingkan dengan negara lain. Standar hidup di negara inipun juga telah meningkat kepada semua orang, sehingga penduduknya mampu membeli makanan yang lebih baik. Zona biru atau zona harapan hidup tertinggi berada di Pulau Sardinia. Disini orang tua hidup dengan bahagia karena mereka merasa di hargai serta mereka menempatkan keluarga sebagai prioritas utama, sering berjalan dan tertawa dengan teman-teman.

5. Yunani

Di negara Yunani, rata-rata harapan hidup penduduknya adalah 80,43 tahun. Zona biru di negara ini terletak di pulau Ikaria. Disana penduduk sekitar hidup dengan santai, tidur siang, tidak terburu-buru, dan aktif dalam kehidupan sosial. Selain itu, mereka juga mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari sayuran serta minyak zaitun.

Menu makan siang penduduk Ikaria hampir selalu mengandung kacang, kentang, dan sayuran. Sedangkan makan malamnya adalah roti dan susu kambing. Penduduk setempat juga selalu mengonsumsi  herbal yang mengandung antioksidan. Bahkan, Artikel dalam New York Times menyebut pulai ini dengan sebutan “Pulau di mana orang lupa untuk mati”.

Advertisements

Comments

comments

Comments are closed.