Maverick Vinales Juara di Seri Perdana Moto GP Qatar

0
135
Maveric Vinales, MotoGP Qatar, Yamaha Movistar

Start pada pole position berdasarkan hasil dari sesi latihan yang telah di laksanakan dari FP1, FP2, dan FP3, Vinales berhasil tampil gemilang dalam seri perdana Moto GP Qatar 2017. Catatan waktu tercepat Vinales dalam sesi latihan sebelumnya adalah 1 menit 54.316 detik dalam hasil kombinasi.

Dalam seri Moto GP tahun ini merupakan debut pertamanya turun dengan motor pabrikan Movistar Yamaha. Vinales yang menggantikan posisi George Lorenzo yang hijrah ke Ducati. Bersama Valentino Rossi, Vinales dipercayakan untuk merebut kembali gelar juara dunia untuk pabrikan Movistar Yamaha yang tahun lalu telah di ambil oleh Repsol Honda melalui Marc Marquez.

Vinales yang baru pertama menunggangi kuda besi Yamaha YZR-M1 perlu melakukan beberapa penyesuaian sebelumnya. Penyesuaian ini adalah tentang karakter mesin yang sangat berbeda dengan tunggangan sebelumnya yaitu Suzuki Ecstar.

Pada lap awal posisi Vinales sempat bergeser saat Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone mendominasi di urutan pertama dan kedua. Vinales kian jauh tertinggal saat Johann Zarco dan Marc Marquez menyalip saat masih dilap pertama.

Pada lap keenam Johann Zarco dan Iannone jatuh dan terlempar dari urutan depan dan membuat Vinales semakin merapatkan posisinya pada Marc Marquez. Marquez berhasil dikejar dan menempatkan Vinales pada posisi kedua membuntuti Andrea Dovizioso yang memimpin sementara.

Adegan kejar-kejaran dan perebutan posisi antara Vinales dan Dovizioso sempat terjadi dan mendebarkan pecinta Moto GP hingga akhirnya Vinales mampu memacu motornya jauh meninggalkan Dovizioso yang tak bisa lagi mendekat.

Sementara itu rekan Vinales dari Movistar Yamaha, sang legenda Moto GP Valentino Rossi yang start dari posisi sepuluh dapat tampil memukau dengan menyelesaikan finish di urutan ketiga. Hasil itu menjadi pembuka yang manis untuk debut pertama Vinales sekaligus angin segar bagi Movistar Yamaha yang mendominasi podium pada seri pertama Moto GP yang dilaksanakan di sirkuit Losail, Qatar, Doha.

Untuk urutan finish dari hasil balapan seri pertama ini, dari urutan pertama di isi oleh Maveric Vinales dari Movistar Yamaha, urutan kedua Andrea Dovizioso dari Ducati, ketiga Valentino Rossi dari Movistar Yamaha, keempat Marc Marquez dari Repsol Honda,kelima Dani Pedrosa dari Repsol Honda, keenam Aleix Espagaro dari Factory Aprilia Gresini, ketujuh Scott Redding dari Octo Pramac Racing, kedelapan Jack Miller dari Estrella Galicia, kesembilan Alex Rins dari Suzuki Ecstar, kesepuluh Jonas Folger dari Monster Yamaha, kesebelas Jorge Lorenzo dari Ducati, dua belas Loriz Baz dari Reale Avintia Racing, tiga belas Hector Barbera dari Reale Avintia Racing, empat belas Karel Abraham dari Aspar MotoGP, lima belas Tito Rabat dari Estrella Galicia, enam belas Pol Espagaro dari Red Bull KTM, tujuh belas Bradley Smith dari Red Bull KTM dan delapan belas Sam Lowes dari Factory Aprilia.

Sedangkan pembalap yang dinyatakan out race karena jatuh dan kendala teknis antara lain Danilo Petruci, Andrea Iannone, Alvaro Bautisa, Johann Zarco dan Cal Cructchlow.
Urutan ini akan terus berubah dalam setiap seri MotoGP mendatang, namun bagi Maveric Vinales ini adalah perolehan terhebat sepanjang karirnya di dunia balap motor sejak usia 12 tahun di kejuaraan kelas 125 cc di Catalan Champion.

Hingga debut pertamanya di kelas Moto GP tahun 2015 bersama Suzuki pembalap kelahiran Spanyol 1955 ini telah menarik perhatian publik. Pembalap berjuluk The Top Gun kini akan menjadi tumpuan bagi tim Movistar Yamaha dalam balapan motor paling bergengsi dunia ini.

Advertisements

Comments

comments