Muncul Bau Tak Sedap di Sepatu? Atasi dengan Tips Berikut!

0
157
bau sepatu, atasi bau sepatu, bubuk kopi

Dalam aktivitas kita sehari –hari dalam waktu kurang lebih 8 jam kita menggunakan sepatu untuk membungkus kaki kita agar lebih nyaman dan lebih elegan. Selain sebagai alat perlengkapan pengaman saat bekerja, penggunaan sepatu juga kini merupakan tuntutan fashion yang mau tidak mau hampir semua orang menggunakannya.

Menggunakan sepatu tidak hanya bagi kita yang bekerja di kantor saja, tetapi juga bagi pekerja lapangan. Bagi pekerja lapangan menggunakan sepatu jauh lebih aman dan nyaman jika dibandingkan saat menggunakan sandal biasa. Selain itu kebutuhan sepatu juga diperlukan oleh anak sekolah dan mahasiswa.

Kenyamanan menggunakan sepatu itu tentu saja tidak tanpa kendala dan resiko. Permasalahan yang paling mendasar dari para pengguna sepatu adalah timbulnya bau tak sedap dari sepatu kita. Bahkan tidak hanya pada sepatu, kaos kaki dan kaki kita sendiri juga menjadi bau ketika kita menggunakan sepatu dalam keseharian kita.

Aroma tak sedap dari sepatu tersebut timbul karena pada saat kita beraktivitas, kaki kita mengeluarkan keringat dan karena kaki kita terbungkus kaos kaki dan sepatu, maka keringat kaki akan terserap oleh kaos kaki dan sepatu kita. Keringat yang terserap tersebut akan menjadikan kaki kita lembab dan begitu pula pada sepatu dan kaos kaki kita.

Untuk itu kita pengguna sepatu disarankan untuk mencuci, dan menjemur sepatu harian kita secara rutin agar aroma tidak sedap dari keringat yang lembab tidak mengganggu aktivitas harian kita. Apalagi untuk kita yang bekerja di kantor dengan ruangan ber ac, bau tak sedap dari sepatu akan sangat mengganggu.

Untuk mengatasi gangguan bau tak sedap itu ada cara mudah dan terbukti ampuh menghilangkan bau tak sedap pada sepatu kita. Cara praktis yang mungkin sering kita lakukan adalah menyemprotkan parfum ke dalam sepatu atau menjemurnya dibawah terik matahari saja. Hal itu justru akan membuat sepatu semakin bau karena aroma parfum yang bercampur dengan aroma bau dari sepatu justru akan menghasilkan kombinasi aroma yang sulit dijelaskan.

Cara yang tepat untuk menghilangkan bau pada sepatu kita yaitu dengan menggunakan bubuk kopi atau dengan daun teh kering yang biasa kita sedu menjadi minuman. Bubuk kopi dan daun teh memiliki aroma yang khas dan kuat terbukti dapat mengalahkan bau tak sedap dalam sepatu kita.

Aroma bubuk kopi atau daun teh yang kita masukkan kedalam sepatu akan terserap oleh kulit dalam sepatu dan bertahan disana untuk waktu yang relatif lama. Aroma bau yang sebelumnya mendominasi akan hilang dengan sendirinya karena berganti dengan aroma teh atau bubuk kopi yang kita masukkan.

Cara menggunakan bubuk kopi atau daun teh ini relatif mudah dan praktis juga.  Anda tinggal memasukkan teh celup kering kedalam sepatu anda dan biarkan semalaman. Atau jika anda menggunakan bubuk kopi,  anda bisa menggunakan tisu untuk membungkus bubuk kopinya. Bubuk kopi yang telah terbungkus tisu tinggal anda masukkan kedalam sepatu dan biarkan semalaman.

Untuk mencegah aroma bubuk kopi atau daun teh itu menguap keluar, ambillah kertas koran bekas yang sudah tidak terpakai. Kertas koran itu lalu remaslah menjadi bentuk bola atau asal bisa di masukkan ke sepatu.

Gunakan kertas koran yang sudah diremas bulat tadi untuk menutup bagian atas sepatu agar aroma teh atau bubuk kopi dapat terserap maksimal ke pori dalam sepatu kita. Silahkan mencobanya dirumah pada sepatu anda.

Advertisements

Comments

comments