Jangan Salah Pilih Teman Curhat! Ketahui Kriteria Teman yang Baik Berikut!

0
54
teman curhat, masalah pribadi, tips berteman

Orang lain yang dapat melihat dan membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan itu tentunya adalah orang yang dapat kita percaya dan dapat menyimpan rahasia dengan baik. Kita tidak boleh sembarangan dalam memilih teman untuk membagi cerita dan permasalahan, karena tipe orang yang berbeda-beda. Jika kita salah dalam memilih teman curhat, justru malah akan menambah masalah dan tidak menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Ketahui Hal-Hal Berikut Sebelum Curhat dengan Teman

Beberapa aspek yang perlu kita perhatikan dalam memilih teman curhat antara lain adalah:

Pertama, ceritakan permasalahan anda kepada orang yang benar-benar anda percaya, yang mengenal anda dengan baik dan juga anda kenal dengan baik.

Pastikan orang itu bukan tipe orang yang suka menjual berita dan membicarakan orang lain saat dia bersama anda, karena bisa jadi dia akan membicarakan anda saat dia bersama orang lainnya. Orang ini biasanya adalah keluarga terdekat atau sahabat terdekat anda, misal orang tua, kakak, atau teman anda yang sudah anda kenal sejak kecil dan menjadi sahabat dekat anda.

Kedua, ceritakan permasalahan anda pada orang yang lebih dewasa.

Dewasa memang tidak ditakar dengan angka usia, tetapi kematangan psikologis juga sangat dipengaruhi oleh usia. Oleh karena itu anda bisa menceritakan permasalahan anda kepada orang yang lebih dewasa secara pemikiran. Orang yang lebih dewasa cenderung akan lebih bijak dalam memberikan saran dan masukan kepada anda.

Ketiga, pilihlah teman curhat yang berkelamin sejenis dengan anda.

Misal anda perempuan, maka curhatkan pada perempuan dan jika anda laki-laki maka curhatkan dan bicarakan masalah anda dengan laki-laki. Ini akan lebih efektif karena cara pandang pria dan wanita itu berbeda sama sekali sehingga jika kita curhat dengan lawan jenis itu akan semakin membingungkan dan tidak memberikan solusi yang sesuai harapan kita.

Pertimbangan menggunakan perasaan dan logika menjadi hal yang berbeda sama sekali ketika kita mencurhatkan permasalahan kita kepada lawan jenis.

Keempat, ceritakan permasalahan anda kepada orang yang memberikan gambaran pilihan-pilihan langkah dan resikonya kepada anda.

Jangan sampai anda menceritakan permasalahan pada orang yang justru mengarahkan dan menggiring anda ke dalam gaya berpikirnya.

Karena orang dengan model tersebut cenderung akan membuat anda kehilangan identitas atas diri anda sendiri dan anda akan merasa ketergantungan dengan orang tersebut jika anda mengalami masalah.

 

 

Advertisements

Comments

comments