Ingin Menghasilkan Uang dari Hobimu? Ini Hal yang Perlu Diketahui

0
64
hobi, peluang bisnis, hobi menjadi uang

Umumya orang melakukan hobi itu untuk kepuasan batin yang tidak dapat di ukur dan di nilai dengan apapun termasuk uang. Dari situ, dari hobi yang kita senangi itu, kita tentu saja mempunyai teman atau kelompok yang memiliki hobi yang sama. Dan juga kita tentu tahu bagaimana ketika seseorang ingin memiliki sesuatu demi kepuasan batinnya, maka harga berapapun akan dibayar demi kepuasan itu tadi.

Termasuk kita mungkin yang juga akan melakukan hal yang sama demi memenuhi kepuasan batin kita. Berawal dari hobi yang kita jalani, kita mungkin bisa mencoba keluar dari kesenangan itu sejenak, untuk melirik peluang usaha atau peluang bisnis yang dapat kita ambil sembari tetap menjalani hobi dan mendapat kepuasan batin.

Untuk kita kita harus memahami konsep bisnis yang akan kita jalankan berbarengan dengan mejalankan hobi kita itu. Berikut ini adalah tips bagaimana kita mengatur dan mengambil langkah untuk memulai bisnis dari hobi kita itu.

1. Kenali kapasitas diri anda sejauh mana anda menjalani hobi tersebut

Apakah anda sudah termasuk kelas mafia, atau baru kelas pemula. Ini penting bagi anda yang akan mencoba berbisnis dari hobi anda. Karena tentu saja anda akan berhadapan dengan para pebisnis yang sudah berpengalaman.

Dari situ ada dua kemungkinan, pertama anda bisa belajar dari dia, atau yang kedua anda justru akan dimanfaatkan oleh yang sudah berpengalaman itu. Maka anda harus memahami sejauh mana anda menguasai aspek-aspek dalam hobi anda.

Misalnya anda adalah penghobi burung kicau, lalu anda ingin mencoba berbisnis jual beli burung kicau. Dari hobi itu yang harus anda kuasai adalah kwalitas burung kicau itu bagus atau biasa saja, dilihat dari tampilan fisiknya, dari kicaunya hingga ketika dikonteskan. Anda harus memahami hal itu secara detail.

2. Membaca peluang bisnis untuk sekarang dan waktu yang akan datang

Memulai bisnis dari hobi ini sangat penting bagi kita membaca atau memprediksi. Karena mengingat hobi itu adalah hal yang bukan primer, maka kita harus memahami dan mengantisipasi segala kemungkinan dalam perjalanan waktu berjalannya bisnis kita. Ini sangat penting bagi kita sebagai landasan pengambilan langkah dan keputusan.

Misalnya untuk tahun ini bisnis burung kenari sedang booming, maka kita harus memperkirakan jika kita ingin memulai berbisnis burung kenari sekarang, apakah ini akan stabil atau tidak untuk satu tahun mendatang.

3. Melihat sisi lain dari hobi untuk berbisnis

Ini yang masih sangat jarang dilakukan oleh kita yang mencoba bisnis dengan berdasar hobi. Hal ini karena kita terlalu terfokus pada obyek yang kita senangi saja. Diluar itu ada banyak hal yang bisa kita jadikan opsi yang bahkan lebih potensial karena jarang ada yang mengambil peluang ini.

Misalnya kita hobi di bidang modifikasi motor, tentu saja kita punya teman-teman dengan hobi yang sama. Dari itu kita bisa memahami kebutuhan para modifikator tersebut dan juga kita mencari tempat yang menyediakan sparepart modifikasinya. Maka itu akan menjadi bisnis yang cukup menguntungkan.

Advertisements

Comments

comments