Berburu Golden Sunrise di Puncak Sikunir Dieng Wonosobo

0
113
golden sunrise, puncak sikunir, dieng

Berswafoto atau foto selfie kini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap kita yang ingin eksis di sosial media. Kebutuhan ini secara tidak langsung menuntut kita untuk terus mengupdate berbagai pose foto dan update tempat-tempat baru yang kita kunjungi.

Untuk anda yang ingin mengambil foto yang keren untuk dijadikan foto profil di sosial media, anda bisa mencoba salah berfoto di puncak Sikunir Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo. Puncak Sikunir Dieng ini sudah terkenal dan menjadi tempat favorit bagi para pemburu spot foto atau para pendaki yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit dari puncak pegunungan Dieng.

Golden sunrise Sikunir sudah dikenal oleh para wisatawan lokal dan bahkan banyak wisatawan yang sengaja datang dari luar kota untuk bisa melihat langsung indahnya golden sunrise Sikunir. Letaknya yang merupakan puncak dari kompleks pegunungan Dieng ini menjadikan spot ini harus ditempuh dengan mendaki puncak dengan jalan kaki sekitar satu jam dari area camping ground.

Kabupaten Wonosobo yang memang terkenal dengan udaranya yang dingin karena merupakan daerah lereng pegunungan antara gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Untuk menuju puncak Sikunir Dieng, kita harus menempuh perjalanan sekitar satu jam menggunakan sepeda motor dari pusat kota Kabupaten Wonosobo. Jalur yang akan ditempuh adalah tanjakan berkelok yang cukup ekstrim sehingga disarankan anda mempersiapkan dahulu kondisi kendaraan anda sebelum menempuh jalur ini.

Sebelum mencapai area camping ground, kita akan melewati beberapa pos penjagaan yang akan memberikan panduan arah kepada kita yang ingin menuju tujuan puncak Sikunir. Apabila kita berangkat pada malam hari, pos ini akan sangat berguna karena jalur menuju Puncak Sikunir ini jauh dari pemukiman sehingga tidak ada penerangan jalan, sehingga kita akan membutuhkan bantuan pos penjagaan untuk menemukan arah jalan yang benar.

Setelah mencapai area camping ground, kita bisa memilih untuk bermalam di penginapan yang sudah disediakan oleh para pengelola wisata setempat dengan harga yang relatif murah. Atau bila kita ingin berkemah, di area camping telah disediakan tanah lapang yang letaknya persis berada disebelah danau yang berada di atas pegunungan.

Serunya Berburu Sunrise di Puncak Sikunir

Apabila kita berkemah disana, kita akan disajikan pemandangan malam yang indah, dibawah langit malam dan menghadap langsung ke danau yang bila malam hari permukaan danau itu memantulkan cahaya lampu dari penginapan-penginapan disekitarnya. Dan untuk kita yang ingin berkemah, disarankan membawa kaos kaki, sarung tangan, syal dan jaket tebal atau baju hangat dua lapis. Karena udara di pegunungan Dieng ini terkenal sangat dingin. Bahkan suhu terendahnya pernah mencapai minussatu drajat celcius.

Untuk mendapatkan moment golden sunrisenya, kita harus mulai mendaki ke puncak pada pukul 04.00 karena butuh waktu sekitar satu jam untuk mencapai puncaknya, dan golden sunrise akan nampak sekitar pukul 05.15. sehingga lebih baik kita siapkan waktu lebih awal agar tidak kehilangan moment mahal untuk berselfie ini.

Di puncak anda pasti juga akan bertemu dengan rombongan pendaki lainnya sehingga anda harus lihai untuk segera mengambil posisi guna mendapatkan angel foto yang cantik dan pas untuk kebutuhan foto anda. Namun jangan lupa anda juga harus tetap memperhatikan faktor keamanan saat berfoto, karena lokasi pegunungan ini memilki jurang yang cukup curam sehingga lebih baik tetap memperhatikan segi keamanan saat berfoto.

Advertisements

Comments

comments