Jangan Pernah Lakukan 10 Hal Ini di Kebun Binatang!

0
73
kebun binatang, tips berlibur di bonbin, larangan di bonbin
Berkunjung ke kebun binatang/Google

Kabarnesia.com – Mengunjungi kebun binatang bisa menjadi salah satu alternatif liburan bersama keluarga. Namun perlu diketahui bahwa ada ha-hal yang harus diperhatikan saat ke kebun binatang, terutama jika mengajak anak kecil.

Maraknya pemberitaan balita yang banyak diserang hewan di kebun binatang tentu perlu mendapat perhatian lebih.

Dilansir dari detikTravel, inilah 10 hal yang tidak boleh dilakukan saat ke kebun binatang:

1. Jangan lengah

Saat berada di kebun binatang, jangan sampai terlalu santai. Sembari jalan-jalan melihat lucunya hewan-hewan di kebun binatang, kita mesti tetap waspada. Jika membawa anak-anak ingatkan kepada mereka untuk berhati-hati dan jangan terlalu dekat dengan kandang binatang.

Terus pegangi tangan dan tuntun anak-anak untuk berinteraksi dengan hewan. Jangan biarkan mereka sendiri berinteraksi langsung dengan hewan di kebun bintang. Kita tidak pernah tahu apakah hewan tersebut lapar, sakit gigi, atau merasa terancam dengan kedatangan anak-anak.

2. Jangan kejutkan binatang

Boleh saja jika ingin bermain dan berinteraksi dengan binatang. Namun jangan sampai mengagetkan mereka. Bagaimanapun jinaknya binatang, mereka akan tetap menyerang jika berada di posisi terancam.

3. Jangan ganggu ketika mereka sedang tidur

Terkadang kita merasa kecewa karena binatang yang ingin kita lihat malah tidur nyenyak di dalam kandang. Hingga akhirnya memukul kandang atau melemparkan sesuatu ke dalam kandang untuk membangunkan binatang. Hal ini tentu membuat binatang tidak merasa nyaman. Binatang akan kaget, dan mereka bisa saja mengamuk.

4. Jangan apatis

Tidak ada salahnya menegur pengunjung yang lain bila terlihat mengganggu hewan di dalam kandang. Jika melihat anak-anak jahil, tegurlah mereka baik-baik, dan berikan penjelasan kepada mereka bahwa kita harus menyayangi hewan.

5. Jangan berinteraksi terlalu dekat

Kita tidak akan pernah tahu apakah mood hewan tersebut lagi baik, apakah dia lagi sakit, atau mereka sedang merasa terancam. Oleh karena itu, jangan terlalu dekat saat berinteraksi dengan mereka.

Silahkan berinteraksi, seperti menyentuh langsung atau berfoto dengan jarang sangat dekat. Namun pastikan di bawah pengawasan pawang. Setidaknya ada pawang yang mengerti bagaimana keadaan hewan.

6. Jangan membuat keributan

Jangan membuat keributan di kebun binatang yang akan mengganggu para hewan. Ketahuilah bahwa beberapa hewan akan merasa terancam bila mendengar keributan.

7. Jangan ganggu ketika mereka sedang makan

Insting menyerang hewan menjadi tajam ketika lapar. Oleh karena itu jangan mengganggu saat mereka sedang makan. Biarkanlah mereka makan dengan tenang. Setelah perutnya kenyang, binatang nantinya akan tenang dan terlihat menggemaskan lagi.

8. Jangan lempar benda apapun ke dalam kandang

Hewan juga memiliki mood layaknya manusia. Terkadang ketika mereka lagi senang, mereka bertingkah lucu yang membuat kita gemas. Namun ketika mereka badmood, mereka akan malas-malasan saja di kandang.

Ketika mereka malas-malasan jangan paksa mereka untuk bergerak atau mendekat ke arah kita. Jangan melempar batu, botol atau benda-benda yang nantinya mengganggu atau melukai hewan. Jangan buat mereka merasa terancam!

9. Jangan memberi makan hewan

Sayang binatang boleh-boleh saja. Tetapi kita juga harus mengerti dengan kebijakan kebun binatang yang melarang memberi makan hewan.

Jika salah makan hewan bisa saja sakit. Kita tidak tahu apakah binatang lagi sakit gigi, pencernaannya sedang terganggu atau memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Jadi jangan asal memberi makanan kepada binatang.

10. Jangan mengotori kandang

Jangan membuang sampah sembarangan. Apalagi iseng melemparnya ke dalam kandang. Kandang akan kotor dan menimbulkan penyakit untuk binatang.

Advertisements

Comments

comments