Samuel Johnson Muncul di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?

0
109
google doodle, samuel johnson, bapak kamus, kamus inggris modern

Pada hari ini, Senin 18 September 2017, Google Doodle memperingati kelahiran Samuel Johnson yang ke 308. Samuel Johnson adalah Bapak Kamus Inggris Modern. Ia digambarkan sebagai tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah kesusastraan Inggris.

Johnson adalah sosok terkenal sebagai penyusun kamus paling komprehensif pada tahun 1750an. Ia dikenal sebagai penyair, esais, moralis, kritikus sastra, editor, biografer, dan terutama leksikografer.

Mengenal Sosok Samuel Johnson

Samuel Johnson lahir pada tahun 1709. Ia menghabiskan sembilan tahun mengerjakan buku berjudul “Johnson’s: A Dictionary of the English Language” yang akhirnya diterbitkan pada tahun 1755.

Buku dengan ketebalan 46 centimeter itu menjadi kamus bahasa Inggris rujukan utama sampai Oxford English Dictionary terbit pada tahun 1928.

Saat kecil ia pernah terserang tuberkolosis yang menyebabkan perubahan struktur muka kala ia dewasa. Istrinya yang bernama Tetty meninggal tahun 1752 setelah menjadi pecandu laudanum (opium yang dicampur alkohol).

Ia kemudian jatuh cinta pada seorang wanita yang telah menikah, Hester Thrale. Ketika suami Hester meninggal, bukannya menikahi Johnson, wanita itu justru pergi ke Italia dan menikahi guru musiknya.

Meski kehidupan percintaannya tidaklah mulus, Johnson dikenal sebagai salah satu penulis lexicographers terbesar di dunia, dan juga subjek biografi modern.

Samuel Johnson meninggal pada 13 Desember 1784 di usianya 75 tahun. Untuk menghormati jasa-jasanya, Patung Samuel Johnson didirikan pada tahun 1838 di seberang rumah tempat ia dilahirkan di Lichfield’s Market Square di Staffordshire, Inggris. Ada pula patungnya yang didirikan di London dan Uttoxeter.

Oxford Dictionary of National Biography bahkan mendeskripsikan dirinya sebagai sosok yang menjadi pembeda dalam perbendahraan huruf kamus Inggris. Untuk mengenang sosoknya itulah Google menjadikan Johnson sebagai Google Doodle.

Advertisements

Comments

comments