Anda Sering Kesepian? Begini Cara Mengatasinya

0
76
Wanita duduk sendirian/savingshards

Kabarnesia.com – Merasa sendiri ditengah keramaian mungkin salah satu contoh anda mengalami kesepian. Rasa kesepian bisa terjadi saat anda benar-benar dalam kondisi sendirian atau bahkan di keramaian. Terisolasi dengan diri sendiri bisa mengakibatkan Anda mengalami rasa kesepian dia area kehidupan tertentu.

John T. Cacioppo, ahli syaraf dan penulis Loneliness: Human Nature dan Need for Social Connection, mengungkapkan saat berada bersama orang lain tidak berarti Anda akan merasa terhubung, dan saat sendirian tidak berarti Anda akan merasa kesepian.

Berikut cara untuk mengatasi rasa kesepian Anda, di lansir dari lama Readers Digest.

Jangan menyalahkan diri sendiri

Diketahui bahwa orang yang kesepian cenderung akan menyalahkan diri sendiri atau orang lain karena isolasi mereka. Penting untuk diingat kesepian adalah epidemi yang dibentuk oleh banyak kekuatan misalkan berkembangnya media sosial, sifat kehidupan yang menyendiri atau individualis, ketiadaan pekerjaan, perceraian, bangkit akibat perceraian orang tua, popularitas hidup sendiri, dan laju masyarakat modern yang padat

Bergabung di suatu organisasi

Temukan organisasi yang disukai, sehingga Anda akan dikelilingi dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama. Dorothy Day, seorang aktivis sosial legendaris menjelaskan  kita semua tahu rasanya kesepian, dan kita telah belajar abhwa satu-satunya solusi adalah denga cinta dimana cinta ini datang dari komunitas.

Membantu orang yang membutuhkan

Kesukarelaan bukan hanya sekedar sarana untuk bertemu orang lain tapi ini bisa dijadikan sebagai penangkal. Membantu orang lain yang membutuhkan  adalah bentuk hubungan intim yang luar biasa dimana ini bisa mengurangi perasaan terisolasi karena kesepian. Anda dapat membantu orang lain  seperti memberi arahan pada seseorang di jalan, membantu tetangga mengatur ulang perabotan, Anda bisa terlibat dengan sebuah organisasi yang memberikan makanan kepada orang tua atau membantu populasi berpenghasilan rendah dengan aplikasi pekerjaan.

Jangan berasumsi bahwa uang akan membantu

Berfikir bahwasanya dengan uang yang banyak bisa membawa kita pada kehidupan yang serba mewah tidak berarti membuat kita lebih bahagia atau bisa mengurasi rasa kesepian. Perlu diingat bahwa kekayaan tidak menyangkal adanya kesepian. Sebagaimana berdasarkan survei di Boston College, bahwasanya orang dengan kekayaan sekitar 78 juta dolar AS tidak kebal terhadap kegelisahan, kesepian, dan  ketidak bahagiaan. Berarti in membuktikan bahwa uang tidak bisa menhilangka kesepian.

Menulis cerita pribadi

Ketika kita menulis, kita memiliki kekuatan untuk mengubah persepsi kita, terutama saat kita menggunakannya untuk menemukan cara baru untuk menafsirkan emosi, pengalaman, dan narasi batin kita. James Pennebaker, Ph.D., dari University of Texas di Austin, menemukan bahwa menceritakan kisah seseorang dapat membantu membingkai ulang perasaan kesepian.

Advertisements

Comments

comments