Munasprok dalam Genggaman

1
74
Seorang guru dan murid SDIT Al Marjan Bekasi, yang sedang mengunjungi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Kamis (19/18)/ALF

Kabarnesia.com – Bagi para anak muda atau anak millennial jaman sekarang, berwisata ke museum akan dinilai ketinggalan jaman. Tapi bagi Anda kaum millennial, cobalah untuk pergi ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok). Anda bisa menemukan sensasi modern disana.

Dari jumlah sekitar 60 museum yang ada di Jakarta, Munasprok adalah satu-satunya museum yang punya treatment berbeda untuk para pengunjungnya. Di tengah perkembangan jaman, museum ini juga tidak mau kalah ditelan jaman. gedung yang resmi menjadi museum sejak 24 November 1992 ini bisa disebut sebagai museum digital.

Segala informasi mulai dari sejarah bangunan museum, proses perumusan proklamasi hingga tokoh yang berperan dalam perumusan naskah kemesdekaan Indonesia bisa didapat dengan mudah dan modern dari smartphone Anda.

SIJI adalah aplikasi mobile yang diberdayakan untuk memudahkan pengunjung mendapatkan pengetahuan yang ada di museum munasprok.

Edukator museum, Ari Suryanto menjelaskan bahwa aplikasi ini digunakan untuk memberdayakan museum-museum. Menurutnya, museum tidak hanya untuk didatangi kemudian berfoto, tapi disini kita bisa belajar sejarah, terlebih terkait perumusan naskah proklamasi kemerdekaan negara kita.

“Sudah ada sejak tahun 2015, kemudian disempurnakan pada tahun 2016 hingga sekarang aplikasi SIJI ini bisa digunakan pada hampir semua panel yang ada di museum ini, di lantai satu ada sekitar 10 panel, untuk lantai dua ada 15-20 panel bertanda SIJI” ungkapnya kepada Republika.co.id

Awalnya, ada tiga museum di Jakarta yang mengguakan aplikasi SIJI ini, yakni Museum Sumpah Pemuda, Museum Kebangkitan Nasional , dan Munaspork. Tapi sekarang, hanya Munasprok saja yang masih menggunakan aplikasi ini.

“Tentu aplikasi ini sangat membantu untuk pengunjung atau juga bagi edukator museum, pasalnya kemampuan dan jumlah edukator disini terbatas. Jadi pengunjung bisa mencari tau informasi lebih mendalah lalui aplikasi SIJI ini,” pungkasnya Kamis (19/10).

Uniknya, aplikasi ini bisa mengubah gambar atau panel yang diam dan hanya bisa dilihat, menjadi bergerak dan bisa ditonton layaknya video. Aplikasi ini disediakan untuk semua pengunjung, khususnya yang disabilitas untuk dapat memaksimalkan informasi terkait perumusan naskah proklamasi.

Cara kerjanya sederhana saja, Anda bisa mengunduh aplikasi SIJI di Play Store, Kemudian scan gambar atau panel bertanda SIJI lalu gambar tersebut akan bergerak di tampilan posel Anda. “ Scan gambarnya, lalu temukan keajaibannya” mungkin itu yang bisa di gambarkan dari aplikasi ini. “aplikasi ini baru bisa di undh di Play Sote saja, tapi InsyaAllah tahun 2018 akan bisa di unduh di App Store,” pungkas Ari selaku educator museum.

Sekarang, Anda bisa menikmati koleksi museum dengan cara modern. Tertarik untuk kesana? Anda bisa datang ke museum ini yang terletak Jalan Imam Bonjol No 1 Jakarta Pusat. Untuk tiket masuk museum yang buka dari Selasa hingga Minggu (pukul 08.00-16.00 WIB) ini  pastinya tidak akan membuat hawatir, cukup membayar dua ribu rupiah untuk orang dewasa, dan seribu rupiah untuk anak anak, Anda bisa menikmati semua koleksi yang ada di  Munasprok ini.

Advertisements

Comments

comments