Gunung Agung Erupsi Lagi

0
84
Letusan Gunung Agung (Dok. BNPB)

Kabarnesia.com – Gunung Agung, Kecamatan Rendang, Karang Asem, Bali kembali meletus pada Selasa (21/11) pukul 17.05 WITA. Walaupun mengalami letusan yang secara mendadak, Pulau Dewata dinyatakan masih dalam kondisi aman.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun twitternya @Sutopo_BNPB

“Kondisi Bali aman. Bandara Internasional Ngurah Rai normal. Pariwisata aman kecuali radius berbahaya di radius 6-7,5 km dari puncak Gunung Agung,” pungkas Sutopo dalam cuitannya.

BNPB mencatat, asap letusan ini berhembus hingga 700 meter dari puncak kawah. Kondisi ini sempat membuat warga khawatir, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB ) belum menaikkan status Gunung Agung dari Siaga (Level III).

Ratusan warga lereng Gunung Agung kini kembali mengungsi di posko pengungsian Gor Swecapura setelah mengetahui ada letusan dari puncak Gunung Agung. Menurut warga sekitar, letusan Gunung Agung mengeluarkan kabut tebal dan bau belerang.

Baca Juga : Perbatasan Irak-Iran Dilanda Gempa 7,3 Skala Richter

Menurunya, letusan Gunung agung ini berjenis freaktik, dimana letusan freaktik ini terjadi disebabkan karena adanya uap air yang bertekanan tinggi dan letusan freaktik ini bisa terjadi pada semua gunung api yang berstatus diatas normal.

“Letusan freatik sulit diprediksi. Letusan disertai abu, pasir dan kerikil.” Ujar Sutopo, dikutip dari CNN.

Sutopo menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan menjauhi zona bahaya Gunung Agung dan radius 6 km dari kawah puncak Gunung Agung. (NAY/ALF)

Advertisements

Comments

comments