Begini Cara Jadi Ibu Cerdas Jaman ‘Now’

0
112
Ibu cerdas/Net

Kabarnesia.com – Peran ibu dalam keluarga tentunya sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Keilmuan akan parenting atau proses pengasuhan dan pendidikan anak perlu ibu ketahui untuk menciptakan anak yang baik.

Psikolog Erfiane Cicillia dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia menjelaskan bahwasanya parenting harus sudah dipelajari bagi calon pasangan yang ingin menikah. Yang dibutuhkan sekarang adalah keilmuan sebelum menikah atau pranikah untuk mempersiapkan apa yang akan terjadi di depannya.

“Ilmu parenting harus di ajarkan sejak orang belum menikah. Karena kalau misalkan sudah kecemplung dalam problematika keluarga itu akan sulit, sebaiknya prepare,” jelasnya.

Hal yang masih dipertahankan dari jaman konvensional, lanjutnya adalah perihal komitmen orang tua. Komitmen ini mengacu ada pola asuh seperti apa yang akan dilakukan untuk mengasuh kehidupan keluarganya.

Baca Juga : 

“Semuanya harus dipikirkan dan harus teguh pada komitmen akan seperti apa kedepannya. Sadari sebagai orang tua walaupun sudah banyak masalah pekerjaan, masalah rumah tangga dan lain-lain yang harus diperhatikan dan masih berlaku sampai sekarang adalah pentingnya komitmen orang tua,” ungkap Erfiane Cicillia.

Selanjutnya, sebagai orang tua Anda tidak bisa menggunakan pola asuh anak yang sama setiap tahunnya. Sehingga butuh yang namanya evaluasi dalam keluarga. “Misalnya, anak usia dua tahun kita didik dengan pola A, padalah lama-lama anak ini tumbuh dan berkembang lebih besar lagi. Lalu kita masih menggunakan pola asuh yang sama ketika si anak berusia dua ini, tentunya hal tersebut tidak bisa digunakan karena sudah tidak sesuai,” ujarnya.

Advertisements

Comments

comments