Dua Siklon Sekaligus dalam Seminggu, Indonesia Catat Sejarah

2
62
BMKG

Kabarnesia.com – Dua siklon tropis di beberapa wilayah Indonesia yakni Siklon Tropis Cempaka dan Siklon Tropis Dahlia yang datang bersamaan dalam seminggu ini merupakan pertama kalinya terjadi.

Deputi Bidang Klimatologi  BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo, menuturkan lahirnya siklon tropis di wilayah Indonesia sendiri jarang terjadi, hal ini pertama kalinya dalam sejarah.

“Ini betul-betul suatu pengalaman baru bagi kita khususnya setahun terjadi dua siklon, bahkan seminggu,” ujar Mulyono, dikutip dari Kompas.

Senin (27/11) lalu, BMKG telah mengumumkan Siklon Tropis Cempaka akan menyebar di wilayah Indonesia yang letaknya berada di perairan Selatan Jawa Tengah dan selatan tenggara Cilacap, dan berdampak hujan lebat hingga banjir bandang, di daerah Yogyakarta.

Saat Siklon Tropis Cempaka mulai menjauhi wilayah Indonesia, pada Rabu (29/11) lalu lahir Siklon baru yang bernama Siklon Tropis Dahlia. Siklon Tropis Dahlia ini menyebar di wilayah Barat Daya Bengkulu (Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Bandung Barat).

Baca Juga : Kementerian Ketenagakerjaan Usulkan Dana Tunjangan Pengangguran

Setelah Siklon Tropis Dahlia,lanjut Mulyono, tak menutup kemungkinan akan terjadi siklon tropis baru dalam waktu dekat.

“Seberapa cepat muncul lagi, kami belum tahu. Tentunya kami harus terus memonitor seberapa cepat gangguan sistem pola tekanan udara itu akan bisa jadi bibit siklon,” imbuhnya.

Perbedaan tekanan yang tidak merata di Indonesia serta suhu permukaan laut yang berubah-ubah ini menyebabkan terjadinya cuaca yang sangat ekstrem.

Advertisements

Comments

comments

2 COMMENTS

Comments are closed.