Penulis Buku Radio Galau FM Ini Coba Menulis Buku Dari Film

0
95
Bernard Batubara, penulis buku 'Mobil Bekas dan Kisah-Kisah dalam Putaran'
Bernard Batubara, penulis buku 'Mobil Bekas dan Kisah-Kisah dalam Putaran' (Dok. Pribadi)

Kabarnesia.comBernard Batubara atau biasa disapa Bara, baru saja merilis buku barunya yang berjudul “Mobil Bekas dan Kisah-Kisah dalam Putaran“. Ada yang spesial dari buku barunya tersebut.

Dari buku-buku sebelumnya, novel ini paling berbeda karena diadaptasi dari sebuah film. “Mungkin karena novel ini memang tidak benar-benar berasal dari gagasanku, melainkan terjemahan luwes dariku atas film karya orang lain,” ujar Bara, pada Kamis (7/12) lalu, ketika ditemui Kabarnesia.

Mobil Bekas dan Kisah-Kisah dalam Putaran merupakan novel pertama Bara yang ia tulis berdasarkan film. Film yang berjudul sama seperti karya Ismail Basbeth ini menceritakan mengenai keadaan Indonesia dari berbagai aspek, seperti Ekonomi, Politik, Seni dan Budaya, Sosial, Hukum, dan Sejarah.

BACA JUGA:

Biasanya film terbuat dari novel, kali ini Bara membaliknya, yakni dengan menulis novel dari film. Tentu saja ini bukanlah hal yang mudah, karena harus menerjemahkan gagasan besar film sang sutradara Ismail Basbeth ke dalam frasa-frasa kalimat.

“Saya enggak semata memindahkan visual ke teks, tapi juga membangun fondasi, agar calon penonton filmnya nanti bisa mendapatkan cukup konteks untuk memahami apa yang coba disampaikan Ismail Basbeth. Akan tetapi, karena memang proses produksi filmnya enggak konvensional (tidak ada skenario, penuh improvisasi, dan relatif eksperimental) jadi mengerjakan novelnya juga agak tricky,” lanjut Bara.

Bara menambahkan, ia ingin menyajikan narasi yang mudah untuk dibaca dan tetap tidak menghilangkan intisari dari film Ismail Basbeth.

“Di satu sisi saya ingin memegang premis filmnya, di sisi lain saya coba menyajikan bentuk narasi yang mudah dibaca,” tutupnya.

Saat ini sudah 12 buku yang Bara tulis. Dua buku sebelumnya telah diangkat ke layar lebar, yakni Radio Galau FM (2011) dan Kata Hati (2012). Ditahun 2018 mendatang ia pun akan merilis buku lagi, namun judulnya masih dirahasiakan.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait entertainment atau informasi terkini lain di Kabarnesia.

Advertisements

Comments

comments