Mentri malaysia ngotot ingin klaim tor-tor

0
239
indonesia,malaysia,indonesia-malaysia,bendera,pin indonesia-malaysia
phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

indonesia,malaysia,indonesia-malaysia,bendera

Hubungan bilateral indonesia-malaysia memang acap kali mengalami pasang surut, boleh dibilang kedua negara ini adalah negara yang benci-benci tapi rindu, tetangga yang menyebalkan tapi juga membutuhkan

Belum habis persoalan TKI yang kerap disiksa disana dan masih belum luntur ingatan akan dengan senang hatinya malaysia memasukkan lagu rasa sayange asal maluku itu di iklan kebudayaan mereka, kini tari tor-tor dan alat musik daerah Gondang sambilan asal tanah batak itu yang berniat untuk diklaim oleh malaysia sebagai kebudayaan mereka

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Meskipun banyak pertentangan yang berlaku di Indonesia, tak ayal justru membuat Rais mengomentari kalau kedua produk kebudayaan asal tanah batak itu akan dikukuhkan sebagai salah satu aset nasional malaysia, menurutnya hal ini sah-sah saja sebab mengacu pada kebebasan untuk mengadopsi kebudayaan suatu negara yang mana menurutnya ini ada di konvensi jenewa.

tor-tor,tarian,batak,mandailing,toraja,tana toraja

Dilansir oleh kantor berita malaysia, Bernama pada senin kemarin, Rais mengatakan bahwa “PBB menjamin kebebasan bagi setiap komunitas untuk mengadopsi akar kebudayaan dan gaya hidup,”

Rais juga berujar kalau rakyat malaysia berhak untuk menjaga warisan kebudayaan mereka, sama hal dengan bangsa lain di dunia. Pernyataan ini secara tidak langsung menyatakan kalau menurut rais, tari tor-tor dan gondang sambilan itu adalah warisan asli budaya malaysia.

kengototan Rais untuk mengklaim kebudayaan asal batak itu sebagai bagian dari budaya malaysia semakin menjadi ketika ia berujar “Hal semacam ini pernah menjadi perdebatan sebelumnya, tapi kisah lama terjadi kembali. Insya Allah, kami akan mengukuhkan tarian dan alat musik ini (tor-tor dan gondang sambilan-red) seperti yang kami lakukan terhadap (tarian-red) zapin, (lagu-red) dongdang sayang dan kuda kepang”

Apabila kita lihat dari pernyataan Datuk Seri Dr Rais Yatim diatas, jelas menunjukkan hasratnya yang besar untuk segera mendaftarkan tarian dan alat musik asal batak, Indonesia itu kebadan yang berwenang di dunia.

well… disatu sisi kita boleh kesal, namun disisi lain, mari yuk kita instropeksi, kemana aja kita selama ini? baru ketika ada masalah ini kita ribut? apa yang kita lakukan untuk melestarikan budaya kita? hmm… coba renungkan itu !

zeepro,propolis

Comments

comments