10 Tips menarik untuk memulai bisnis dari kabarnesia untuk pembaca setia

0
469
tips,memulai bisnis,bisnis,wirausaha,tips berbisnis
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

tips,memulai bisnis,bisnis,wirausaha,tips berbisnis

Bagaimana cara memulai bisnis atau memulai usaha? mungkin itu pernyataan umum yang kerap dilontarkan dari tiap orang yang punya keinginan untuk berbisnis atau berwirausaha. Banyak dari mereka yang takut berbisnis, karena menganggap diri mereka belum mampu dan takut bisnis yang dijalaninya gagal.

Sebenarnya, rasa takut gagal saat memulai berbisnis adalah hal yang wajar dan lumrah, karena memang rasa takut bisa dikatakan sebagai respon pertahanan tubuh sebelum memulai hal yang baru, namun disinilah awal pertaruhan itu, apakah anda berani melawan respon pertahanan tubuh anda sendiri dan mulai memutuskan bebas bergerak berdasarkan keinginan? atau anda hanya bisa mengurung diri dalam sangkar ketakutan anda?

Karena itu, kami dari tim kabarnesia.com mencoba untuk memberikan beberapa tips dan trik yang dirangkum dari berbagai sumber dalam rangka memantapkan langkah anda untuk mulai berbisnis.

10 Tips memulai bisnis atau berwirausaha

1. Mulailah bisnis dari yang anda sukai. Bisa jadi anda memulai bisnis berangkat dari hobi anda atau kecintaan anda terhadap sesuatu. karena ketika kita berbisnis dari hobi kita, hal itu serasa kita dibayar untuk melakukan apa yang kita senangi, menarik bukan?

2. Jangan terpaku pada masalah hard skill, utamakan softskill. banyak orang ingin berbisnis kuliner hanya karena ia jago memasak, atau banyak orang menghindari bisnis pakaian hanya karena mereka tak jago menjahit. Ingat poin pertama, apakah anda suka dengan bisnis pakaian? apakah anda hobi belanja? apakah anda hobi wisata kuliner atau jajan diluar? maka berangkatlah dari hobi, bukan dari keahlian anda

3. Asah mental. Dunia usaha terkadang berat dan tak menentu, karena itu, anda harus memiliki mental layaknya pengusaha yang tahan berbagai goncangan.

4. Cari atau bentuk komunitas usaha. Cara terbaik untuk terus termotivasi agar bisa terus menjaga mental usaha yang baik seperti pada poin ke-3, adalah dengan membentuk atau mencari komunitas usaha yang ada disekitar anda, usahakan ikutilah pertemuan-pertemuan rutin atau bulanannya, karena dari pertemuan-pertemuan itu bukan hanya motivasi yang anda dapat, tapi juga koneksi dan jaringan untuk pengembangan bisnis anda.

5. Gak ada modal? jangan maksain!. Ga punya modal bukan berarti langkah anda berwirausaha terhenti. Hentikan berfikir berwirausaha makan banyak biaya, karena cobalah liat sekitar, banyak pengusaha sukses yang berawal dari usaha dengan modal uang yang minim, namun dengan persistensi tinggi. mulailah usaha anda dengan merintis dari modal kecil atau modal gratisan, contohnya anda bisa jadi reseller gratisan dan manfaatkanlah internet yang menawarkan fasilitas gratis untuk berpromosi.

6. Stop! aku tak mendengarmu, talk to my hand. Orang terdekat terkadang adalah faktor sandungan terbesar saat kita memulai usaha, irama peremehan, ketidak yakinan, bahkan pelarangan biasanya muncul dari orang terdekat seperti teman dan keluarga. bagaimana mengatasinya? sering-seringlah dengar lagu ariel peterpan yang memuat lirik “tak perlu dengar kata mereka, teruslah berjalan!” ini hidup anda yang tak ditentukan oleh siapapun kecuali anda dan Tuhan.

7. Niatkan yang baik. Niatkan usaha anda itu untuk kebaikan anda dan sesama, jangan berniat berwirausaha untuk balas dendam ketika anda sudah kaya raya dan melakukan keburukan-keburukan lain kepada sesama juga kepada Tuhan

8. jangan malu berbisnis. Terkait dengan poin 5 dan 6, jangan malu ketika anda memutuskan berbisnis. misalnya anda ikut bisnis MLM, jangan malu dan berjuanglah di jalur MLM yang anda yakini bisa membawa anda kepada kesuksesan. Hanya saja jangan pernah menipu orang lain ketika mengajak mereka prospek MLM anda. intinya, berbisnislah dengan yakin dan niat baik serta jangan menipu orang, hal itu yang akan membuat anda tidak malu menjalani bisnis anda

9. Hidupkan bisnis anda dan Hiduplah didalamnya. Jangan biarkan bisnis anda menjadi kosong seperti kota hantu dalam hati anda, isi terus dengan semangat dan motivasi, apapun yang terjadi, percayalah bahwa anda akan mendapatkan hasil yang anda inginkan, asalkan anda terus bergerak. Ada sebuah kutipan kalimat yang menyatakan “selambat apapun kita bergerak, asal kita terus bergerak, kita akan menyentuh tujuan juga” Namun tentunya, manusia adalah mahluk yang tidak sabaran, karena itu, akselerasikanlah usaha anda sebelum bahan bakar motivasi dan semangat anda menipis

10. Berdo’alah selalu kepadaNya. Last but most determinant, berdoalah kepadaNya mengenai harapan anda akan bisnis yang anda jalani dan berserahlah, apabila anda telah melakukan segalanya, serahkan hasilnya kepadaNya, “You did the best, He will do the Rest”

Oke itu 10 tips yang bisa anda perhatikan sebelum memulai berbisnis atau berwirausaha versi kabarnesia, ada yang ingin menambahkan? silahkan di kolom komentar, apabila tips anda menarik, maka akan kami muat di artikel selanjutnya, tentu dengan referensi mengatasnamakan diri anda 😉

semoga bermanfaat dan mari kita wujudkan indonesia menjadi negara maju melalui wirausaha!!

Comments

comments