5 Bisnis dengan modal kecil bahkan gratis versi kabarnesia

0
339
bisnis,karir,perusahaan,penghasilan,bisnis modal kecil,modal kecil
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

bisnis,karir,perusahaan,penghasilan,bisnis modal kecil,modal kecil

Berbisnis merupakan alternatif lain dalam berjuang mempertahankan hidup. Karena berbisnis adalah media lain untuk mencari uang selain bekerja di kantor menjadi karyawan.

Berbisnis sejatinya juga, menurut beberapa orang, lebih mengasyikkan dibanding bekerja kantoran, karena dengan berbisnis kita bisa menjadi “Bos” bagi diri kita sendiri, kita tak mungkin ditekan oleh atasan karena sebenarnya atasan dalam bisnis itu ya kita sendiri.

Banyak orang takut berbisnis terkendala masalah modal yang besar, banyak yang masih beranggapan jika memulai bisnis itu modalnya harus jutaan, puluhan juta, atau bahkan ratusan juta. Namun kini dengan semakin majunya teknologi serta terbukanya informasi yang makin membahana, anda justru bisa memulai bisnis dengan modal kecil atau bahkan gratis, bisnis apa saja itu?

Bisnis modal kecil bahkan gratis

tips,memulai bisnis,bisnis,wirausaha,tips berbisnis,bisnis modal kecil,modal kecil

Sebelum memulai bisnis modal kecil bahkan gratis ini, patut diingat kalau modal yang dimaksud disini adalah modal uang yang kecil. Namun tidak dengan modal semangat dan kreatifitas. Berikut ini 5 Bisnis modal kecil bahkan gratis versi kabarnesia:

1. Bisnis kerajinan tangan

Banyak pelaku bisnis kerajinan tangan memulai usaha mereka dengan modal dibawah 1 juta, bahkan ada yang dibawah 500 ribu, karena modal bahan baku dari bisnis kerajinan tangan ini sebenarnya sangat kecil, anda bisa memulai dari koran bekas, gelas plastik aqua bekas, atau anda bisa mencoba menggunakan botol bekas.

Selain itu yang dimaksud dari kerajinan tangan disini tak melulu hanya barang, penganan kuliner kreatif pun bisa masuk disini, seperti bisnis kue ulang tahun yang membutuhkan kreatifitas tingkat tinggi atau bisnis penganan kuliner kreatif lainnya yang bisa dimulai dengan modal yang tak begitu besar. Sebagai contohnya kami telah merangkum beberapa contoh kongkrit dari jenis bisnis ini untuk anda:

  • Bisnis kerajinan tangan dengan koran bekas (contohnya dluwang art)
  • Bisnis kerajinan tangan dengan aqua bekas (contohnya membuat bunga-bunga hiasan dari plastik aqua bekas)
  • Bisnis kue (contohnya kue ulang tahun atau kue-kue camilan sederhana)

2. Bisnis Reseller/reseller online

Bisnis reseller ini merupakan bisnis yang bisa anda lakukan dengan tanpa modal, alias gratis. Karena dengan berbisnis reseller anda tak perlu menyetok dan membeli barang terlebih dahulu, anda cukup mencari orang atau perusahaan yang membuka peluang produknya di re-sellerkan, biasanya perusahaan atau orang tersebut juga memberikan alat marketing seperti katalog atau foto-foto “menjual” di website mereka.

Mungkin jika anda berbisnis reseller di dunia offline maka bisa jadi itu membutuhkan modal, seperti transportasi, komunikasi, dan lain sebagainya. Namun coba anda online-kan bisnis reseller anda menggunakan media sosial gratis seperti blog gratis, facebook, twitter, pinterest, dan lain sebagainya. Maka anda bisa dikatakan memiliki bisnis dengan modal yang nyaris gratis (karena anda masih perlu punya modal pulsa dan koneksi internet)

3. Bisnis jual beli online

Bisnis ini lain dengan poin ke-2. Disini anda memiliki produk sendiri dan/atau membeli produk sendiri untuk dijual kembali melalui media online. Keuntungan menjual produk secara online ini adalah anda tidak perlu sewa ruko atau sewa toko dan juga tak perlu menggaji karyawan.

Anda bisa memanfaatkan forum-forum jual beli yang gratis seperti kaskus, tokobagus, dinomarket, dll untuk membantu anda menjual produk anda itu. Serta anda juga bisa memanfaatkan media sosial gratis seperti blog, facebook, twitter, pinterest untuk mengakselerasi penjualan dan melakukan proses branding bagi usaha yang anda bangun

4. Bisnis MLM

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) bisa anda coba karena banyak dari bisnis MLM ini yang biaya bergabungnya di bawah Rp. 500.000,- atau bahkan dibawah Rp. 100.000,- dan 50.000. MLM sendiri adalah bisnis jaringan yang mengharuskan anda memiliki downline agar bisnis anda berkembang serta penghasilan anda bertambah. Namanya bisnis jaringan, maka bisnis ini dinilai cocok untuk orang-orang yang punya banyak relasi dan teman. Penghasilan dari MLM, kalau memang ditekuni, juga tak main-main, bahkan ada yang mengaku bisa mendapatkan puluhan juta hanya dalam jangka waktu satu hari dari bisnis MLM ini.

Tetapi entah kenapa banyak yang antipati dengan bisnis ini, mungkin banyak yang trauma karena dulu sering muncul penipuan berkedok MLM, nah bagi anda yang ingin coba ber-MLM, silahkan baca artikel kami sebelumnya mengenai ciri-ciri MLM yang halal dan patut dicoba

5. Bisnis event/wedding organizer

Bisnis event atau wedding organizer memang terkesannya Wah! atau mewah, megah, dan bergengsi. Dalam asumsi kita, pasti butuh modal besar dan tinggi saat memulai bisnis ini. Tapi tunggu dulu, karena menurut mantan artis yang kini juga pelaku wedding organizer, Rina Gunawan, pernah mengatakan kalau beliau memulai bisnis wedding organizer dengan tanpa modal biaya, alias Rp. 0,- . Lantas bagaimana caranya menghadirkan beragam fasilitas-fasilitas yang terhitung mewah di setiap pernikahan yang di urus olehnya? Rina mengaku, itu hanya bermodalkan koneksi dan relasi dari provider-provider jasa terkait. Misalnya ia mengenal orang yang bertugas di katering, ia punya kenalan fotografer, ia juga memiliki teman yang berbisnis pernak-pernik pernikahan, dll.

Karena itu, maka bisnis event atau wedding organizer ini patut anda coba apabila anda memiliki teman atau kenalan yang terkait dengan bidang yang akan anda jamah. Atau jika anda belum memiliki kenalan dan relasi terkait, maka carilah! karena manusia akan naturenya adalah mahluk sosial yang ingin berteman dengan siapa saja 🙂

Okee itulah 5 jenis bisnis yang menurut kami bermodalkan biaya minim bahkan bisa gratis. Intinya disini modal terbesar sebelum berbisnis adalah kemauan, ketekunan, dan kreatifitas. Semoga sukses! 😀

Comments

comments