Tips Periksa dan Hindari Kiamat Internet karena trojan DNS Changer Pada Komputer anda

0
214
DNS,DNS changer,malware,trojan,virus,internet doomsday,kiamat internet
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

DNS,DNS changer,malware,trojan,virus,internet doomsday,kiamat internet

Dunia internet kini sedang heboh-hebohnya membahas sebuah fenomena kiamat internet atau internet doomsday yang diperkirakan akan terjadi pada hari senin tanggal 9 juli 2012 nanti diseluruh dunia.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kiamat internet atau internet doomsday ini? Kiamat internet atau internet doomsday sebenarnya merupakan “bom waktu” yang disebabkan oleh malware bernama DNS changer.

DNS changer adalah malware yang memungkinkan orang yang berada dibaliknya mengendalikan DNS server komputer yang telah terinfeksi, dengan hadirnya malware ini, maka hubungan antar komputer bisa menjadi sangat berbahaya.

DNS Changer sendiri adalah virus yang dijalankan oleh lingkaran kejahatan asal Estonia yang telah di tutup oleh FBI pada bulan November tahun lalu. Malware berbentuk trojan ini pertama kali digunakan pada tahun 2007 dan mengintrusi komputer tanpa sepengetahuan pengguna kemudian mengklik iklan secaratidak sah. hal lain yang ditampilkan oleh trojan ini adalah internet yang melambat dan penonaktifkan program antivirus.

FBI melansir kalau malware ini dirancang untuk mengarahkan lalulintas internet melalui server DNS (Domain Name System) yang dikontrol oleh orang yang berkepentingan dengan malware ini. Diperkirakan karena aksi malware ini, senin 9 juli nanti akan ada 500 ribuan komputer yang bisa mati total dan tak dapat terkoneksi dengan internet.

Sungguh berbahaya bukan? apalagi ini terjadi kepada komputer anda yang kita semua harapkan jangan sampai itu terjadi.

Lantas bagaimana memeriksa atau mencegah apakah komputer kita terinfeksi atau tidak?

Cara Periksa dan Hindari DNS Changer

Untuk memeriksa dan menghindari infeksi DNS changer yang akan menyebabkan kiamat internet pada komputer anda, maka silahkan lakukan beberapa langkah berikut:

  1. Untuk memeriksa apakah komputer terinfeksi atau tidak, bisa mengunjungi website www.dns-ok.us, cek banner utamanya, apakah komputer anda berstatus GREEN atau RED? Jika green berarti selamat, jika red maka anda bisa melakukan beberapa langkah yang disugestikan disana.
  2. Kunjungi google.com, karena google membuat sebuah aplikasi berbasis web yang membuat komputer terdeteksi DNS changer akan diberikan peringatan serta tips dan trik untuk menghapus malware menyusahkan ini.
  3. Apabila komputer anda terdeteksi DNS changer maka jangan panik, anda cukup mengunjungi situs DCWG (DNS Changer Working Group) yang beralamat lengkap di: www.dcwg.org/fix/
  4. Gunakan antivirus yang mumpuni dan terpecaya, jangan yang asal gratis, apalagi software bajakan.
  5. Pastikan sistem operasi anda diupdate secara reguler, terutama sisi penguatan sistem sekuritasnya.

Itu 5 langkah yang mungkin bisa menyelamatkan anda dari kiamat internet dan memeriksa serta mencegah infeksi DNS changer.

Comments

comments