5 Bisnis murah yang bisa dimulai oleh mahasiswa versi kabarnesia

0
282
bisnis,karir,perusahaan,penghasilan,bisnis modal kecil,modal kecil
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

tips,memulai bisnis,bisnis,wirausaha,tips berbisnis,bisnis mahasiswa

Mahasiswa merupakan insan terpelajar yang dipersiapkan untuk menempuh kerasnya dunia luar. Karena itu, sebaiknya saat menjadi mahasiswa juga penting untuk belajar bagaimana menghasilkan uang dan menghadapi dunia nyata.

Banyak cara untuk menghasilkan uang saat menjadi mahasiswa, bisa dengan kerja paruh waktu di sebuah perusahaan.

Tetapi sangat disarankan bagi mahasiswa untuk mulai mencoba berbisnis dibanding hanya bekerja paruh waktu, sebab selain bisa menghasilkan uang sendiri, berbisnis membuat mahasiswa tak terikat waktu dan bisa menjadi bekal berharga saat lulus nanti. Selain itu, berbisnis saat menjadi mahasiswa bisa jadi ajang implementasi ilmu yang didapat dari perkuliahan.

Lantas apa saja jenis bisnis murah yang bisa dimulai oleh mahasiswa? berikut 5 bisnis itu:

1. Buka kios makanan atau jajanan

Bisnis ini bisa dimulai dengan modal kurang dari 5 juta rupiah, bahkan bisa juga hanya bermodal ratusan ribu rupiah saja. Anda bisa membuka kios berupa gerobak atau stand sementara di dekat kampus anda. Selain itu anda juga bisa membuka stand promosi di bazar-bazar yang dilakukan di acara kampus.

Juga anda bisa memulai dengan tidak membuka lapak berupa stand yang membutuhkan dana cukup besar, anda bisa mulai dengan membawa makanan yang anda simpan di Tas atau tempat khusus dan anda jual kepada teman-teman anda.

2. Kursus privat atau Bimbingan belajar

Bukan rahasia lagi jika banyak mahasiswa yang bekerja mengajar di bimbingan belajar – bimbingan belajar di Indonesia, hanya saja jika anda bisa mempromosikan diri anda untuk berbisnis edukatif seperti ini, tentu akan lebih banyak pelajaran yang anda dapat.

Tidak harus mengajar matematika atau fisika dan pelajaran eksak lainnya, anda juga bisa mengajar hal informil yang jadi kelebihan anda, misalnya kursus gitar, kursus mengetik/office, kursus desain, dll.

3. Bisnis T-shirt atau customized shirt

Anda hobi desain? coba anda mulai mendesain baju-baju dengan rancangan yang unik dan menarik. Bisnis desain baju merupakan bisnis yang sesuai untuk mahasiswa yang berjiwa seni dan dinamis, contohnya Raymond Lei, pencipta ooShirt, yang memulai bisnis ini sejak masih menjadi mahasiswa.

Anda bisa coba publikasikan hasil rancangan anda ke jejaring sosial atau forum-forum lokal, terangkan rencana kaus yang akan dibuat misalnya jenis bahan, dimensi ukuran, jenis bordir, dll secara lengkap. Dan ketika ada pesanan anda bisa membuatnya di toko pembuatan baju terdekat.

Kami sarankan untuk anda memulai bisnis ini haruslah menyasar target pasar yang segmented, misalnya di klub sepakbola atau desain-desain baju dengan tema tertentu yang lebih tertarget.

4. Bisnis web desain

Anda memiliki kemampuan untuk mendesain website? ketahuilah kalau saat ini permintaan pembuatan website baik untuk bisnis maupun personal makin meningkat, ini bisa jadi peluang bisnis yang baik bagi anda.

Cobalah buat website anda sendiri yang menawarkan paket-paket jasa pembuatan website, dari sana anda bisa promosikan ke UMKM atau pemiliki bisnis dan orang yang ingin dibuatkan website personal untuk kepentingan branding. tentunya untuk tahap awal anda harus sertakan nominal yang wajar, jangan lambungkan harga jasa anda hanya untuk dapatkan banyak penghasilan instan. bangun branding secara tepat!

5. Bisnis jual jasa pribadi

Anda belum punya kemampuan mendesain website? cobalah cari hobi dan potensi anda pribadi, misalnya fotografi, menulis, lukisan, animasi, desain grafis, game programming, marketing, dan hal lainnya.

Lalu anda pasarkan diri anda kepada teman-teman anda, misalnya apabila anda hobi fotografi, coba tawarkan jasa fotografi kepada teman anda, mulailah mengasah kemampuan dari hobi yang anda geluti dan jadikanlah itu sebagai uang, bukankah itu menyenangkan, ketika anda dibayar saat melakukan hal yang anda suka?

Trik promosinya tak perlu mahal, selain berpromosi kepada teman, anda juga bisa mempromosikan diri anda ke jejaring sosial atau website/blog pribadi anda, usahakan tampilannya terkesan profesional dengan kontak yang jelas dan respon yang jepat.

Comments

comments