Penelitian Ilmiah: Senyum dapat kurangi dampak buruk Depresi

0
324
biodata nadiem makarim
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Ada sebuah pepatah inggris lama yang berbunyi: “Smile heals everything” atau senyuman menyembuhkan segala hal. Ternyata ungkapan itu nyaris mendekati kebenaran.

Dua orang psikolog dari Universitas Texas, Tara Kraft dan Sarah Pressman menyarankan kita untuk sering-sering tersenyum. Apa pasal? Dua psikolog itu melakukan analisis terhadap tingkat stres manusia melalui suatu eksperimen yang melibatkan 169 mahasiswanya.

Dalam penelitian tersebut mereka membagi para mahasiswa menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok diberi tugas yang bisa menimbulkan stress dan Depresi.

Setelah melakukan penelitian selama beberapa waktu akhirnya mereka menemukan bahwa kelompok mahasiswa yang saat observasi stres itu kerap tersenyum bisa menguasai diri dan menyelesaikan pekerjaan mereka serta terlepas dari beban yang mereka tanggung. Sementara kelompok lain yang hanya menggerutu dan tidak ikhlas menerima tugas berat itu cenderung sulit melepas beban, menyelesaikan masalah, bahkan level stresnya nyaris mencapai level tertinggi atau Depresi.

Dari hasil penelitian itu bisa disimpulkan kalau senyum dapat meringankan beban, tidak hanya beban psikologis, tetapi juga beban fisik yang menimpa tubuh ketika dilanda stress.

Jadi, mulai sekarang jangan pelit senyum, ya! 🙂

Comments

comments